Arti Pesan ‘Kitorang Sedulur’ yang Ditulis oleh Bonek Mania

0
235
Arti Pesan 'Kitorang Sedulur' yang Ditulis oleh Bonek Mania

VivagoalLiga Indonesia – Ada sebuah pesan yang menarik saat pertandingan Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta pada pekan ke-16 Liga 1 2019.

Terlihat suporter Persebaya membuat spanduk “Kitorang Sedulur” pada laga yang dimainkan di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

“Kitorang Sedulur” sendiri secara harfiah bisa diartikan Kita semua adalah saudara. Kata “Kitorang” berasal dari Papua yang artinya kita semua. Sementara untuk kata “Sedulur” telah banyak diketahui berasal dari bahasa Jawa yang diartikan dengan saudara.

Baca Juga: Hasil Imbang Tak Buat Pelatih Persija Kecewa

Dalam aksi tersebut mendapatkan banyak sambutan positif dari suporter fans sepakbola Indonesia. Terlebih lagi dari kapten Persebaya Surabaya yaitu Ruben Sanadi. Dia mengungkapkan banyak terima kasih kepada suporter Bonek Mania atas pesan menohok tersebut.

“Saya berterima kasih pada tindakan suporter ada spanduk yang ditulisnya. Saya sebagai anak asli dari Papua mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Semoga ini menjadi apa yang telah kita semua sampaikan yaitu kita semua saudara,” ucap Ruben.

Pada beberapa hari terakhir ini, banyak beredar kabar yang tidak sedap terkait hubungan warga Papua yang berada di Pulau Jawa termasuk salah satunya di kota besar Surabaya. Namun menurut kapten Surabaya tersebut hal itu tidak berpengaruh pada dirinya.

Bahkan Ruben menjadikan kejadian tersebut sebagai pembelajaran bagi dirinya. Ruben mengungkapkan dalam sebuah tim tidak boleh membedakan dari mana pemain tersebut berasal. Karena semua pemain harus bekerja untuk Persebaya Surabaya.

“Saya selalu bermain dengan profesional. saya bermain dengan Persebaya atau di manapun saya bermain akan tetap profesional. Apapun yang terjadi itu sebagai pembelajaran bagi hidup saya,” ujar Ruben.

“Di sini saya sebagai kapten tim, tugas saya untuk merangkul semua teman-teman yang ada dalam tim ini dan tidak akan membedakan siapapun pemain itu berasal. disini saya bermain untuk Persebaya dan tak akan membedakan orang asli Surabaya Jawa Papua maupun Aceh itu tidak ada dalam kamus saya,” jelasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here