Bartomeu: Barcelona Sudah Incar Koeman Sejak Tahun Lalu

0
31
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu (Sumber: Twitter)

Vivagoal – La Liga – Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengungkapkan bahwa pihaknya sebenarnya sudah mengejar Ronald Koeman sebagai pelatih sedari akhir tahun 2019 lalu. Namun karena di timnas Belanda belum mendapatkan pengganti yang pas, Koeman ditahan lebih lama.

Koeman diklaim selangkah lagi akan berstatus sebagai pelatih Barcelona. Sejak Minggu (16/8), Ronald Koeman sudah berada di Barcelona untuk menuntaskan segala detail kontraknya, yang kabarnya ia akan diikat hingga 2022 mendatang di Camp Nou.

Menurut Bartomeu, penunjukkan Koeman memang sudah harus dilakukan Barcelona karena kondisi tim dinilai berantakan sepanjang musim ini, merujuk pada dua kali pergantian pelatih yang mereka lakukan, yakni memecat Ernesto Valverde sebelum akhirnya juga memberhentikan Setien sebagai juru taktik tim.

Bartomeu menyebut pihaknya kini bisa berlega hati karena pendekatan terhadap Koeman kali ini membuahkan hasil. Ia mengatakan bahwa Blaugrana sudah sempat menjajaki kemungkinan Koeman bergabung pada Desember lalu untuk menggantikan Valverde, tapi pelatih 57 tahun itu menolaknya karena ingin membantu timnas Belanda tampil di Piala Eropa 2020.

Saat itu, performa Der Oranje sedang tampil menawan di bawah asuhan Koeman. Usai jadi juara di UEFA Nations League, Belanda juga dibawanya masuk peringkat 10 besar FIFA dan lolos ke putaran final Euro usai gagal tampil di perhelatan Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Alhasil, andai kata Koeman menerima pinangan Barca saat itu, timnas Belanda belum bisa mencari pengganti yang sepadan. Oleh karenanya, atas kesepakatan bersama, Koeman lebih dulu memimpin Belanda di Euro 2020 sebelum pindah ke Barca.

Tapi situasi di lapangan justru berbicara lain. Pandemi virus Corona membuat Piala Eropa diundur ke 2021 namun hingga saat ini belum ada kepastian soal itu. Otomatis, Koeman tak punya agenda timnas dan membuatnya bebas menerima tawaran mantan timnya, Barcelona.

“Kami sudah bicara dengan Koeman sejak Desember 2019 kemarin. Saat itu kami memang bantah mendekat dia karena kami harus menghormati Belanda. Dan sekarang saya baru bisa katakan.” ucap Bartomeu dilansir dari Sportskeeda.

“Kala itu Koeman menjelaskan dia masih bertanggung jawab untuk timnas Belanda, dan dia tidak bisa pergi begitu saja tanpa pelatih pengganti. Namun saya bisa pastikan bahwa dia memang pelatih pertama yang kami hubungi.” jelas Bartomeu.


Baca Juga:


“Kini, dia bilang Piala Eropa masih jauh, kita masih dalam situasi pandemi, dan kita semua belum tahu apa yang akan terjadi, dan Koeman baru bisa bilang ingin melatih Barcelona. Itu memang sudah jadi impiannya sejak lama.” tegasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here