Belanda Tumbang 1-0, Frank De Boer Tambah Koleksi Kekalahan Di Laga Debutnya Sebagai Pelatih

0
2846
Belanda Tumbang 1-0, Frank De Boer Tambah Koleksi Kekalahan Di Laga Debutnya Sebagai Pelatih
Debut Frank De Boer Sebagai Pelatih Timnas Belanda Tercoreng Usai Der Oranje Kandas 1-0 dari Meksiko. Sumber: Daily Mail

Vivagoal – Berita Bola – Timnas Belanda menelan kekalahan tipis 0-1 dari Meksiko dalam sebuah laga uji coba. Hasil ini sekaligus memperpanjang rekor buruk Frank De Boer sebagai pelatih yang tak pernah menang di laga debutnya.

Belanda vs Meksiko berlangsung di Johan Cruyff Arena, Kamis (8/10/2020) dinihari WIB. Ini menjadi kiprah pertama De Boer setelah ditunjuk menggantikan Ronald Koeman.

Sayang, di awal karier kepelatihan De Boer bersama Der Oranje tak berakhir manis. Pasalnya, timnas Belanda harus menelan kekalahan 0-1 berkat tendangan penalti Raul Jimenez di menit ke 60 usai dirinya dilanggar oleh Nathan Ake.

Selain itu, meski bertindak sebagai tim tamu, Meksiko lebih sering membahayakan pertahanan Belanda. Raul Jimenez dan Jesus Corona beberapa kali bisa merusak barisan belakang Belanda. Secara keseluruhan, Meksiko unggul dalam hal tembakan ke arah gawang dengan 8 berbanding 6 milik Belanda.

Tak cuma itu saja, Belanda yang terlihat begitu kesulitan mengkreasikan peluang, hanya bisa mengemas ball possesion sebesar 49 persen berbanding 51 persen milik Meksiko. Kekalahan ini jadi yang kedua dialami Der Oranje setelah sebelumnya mereka juga takluk dari Italia dengan skor 0-1 pada ajang UEFA Nations League.


Baca Juga:



Makin tidak enaknya lagi karena ternyata kekalahan atas Meksiko ini membuat De Boer melanjutkan tradisi buruknya sebagai pelatih. Total dia sudah empat kali kalah dalam laga debutnya sebagai pelatih di sebuah tim.

Sebelum membesut timnas Belanda, De Boer juga pernah kalah saat debut bersama Inter Milan, Crystal Palace dan Atalanta. Bersama Inter, De Boer takluk 0-2 dari Chievo Verona di pekan pertama Serie A Italia musim 2016/2017.

Semusim berselang, De Boer kembali menjalani debut pahit kalah menukangi Crystal Palace di Liga Inggris. Bersua dengan Huddersfield Town di Premier League, tim asuhan De Boer kalah dengan skor mencolok 0-3. Debut kelam kembali didapat De Boer saat ditunjuk sebagai juru taktik Atalanta.

Melakoni laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Concacaf, De Boer dan pasukannya dibantai 1-3 di markas Herediano, klub asal Kosta Rika.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here