Bergelimang Trofi, Victor Valdes Hanya Pajang Satu Ini Di Rumahnya - Vivagoal.com
Bergelimang Trofi, Victor Valdes Hanya Pajang Satu Ini Di Rumahnya

Bergelimang Trofi, Victor Valdes Hanya Pajang Satu Ini Di Rumahnya

Fido Moniaga - May 21, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Bukan medali, trofi atau sarung tangan yang disimpan mantan kiper nomor satu Barcelona, Victor Valdes sepanjang kariernya sebagai pesepakbola profesional. Tapi inilah satu-satunya barang yang ia simpan dan pajang di rumahnya.

Valdes adalah kiper jebolan akademi La Masia bentukan Barcelona. Ia melakoni debut perdananya bersama skuat utama pada musim 2002/2003 dan berlanjut menjadi kiper nomor satu tim Catalan sepanjang 12 musim ke depan.

Valdes juga merupakan bagian dari skuad Barcelona polesan Pep Guardiola yang pernah mengguncang dunia dengan gaya bermain tiki-taka-nya periode 2008 hingga 2012. Secara keseluruhan, Valdes meraih 14 trofi di era Pep Guardiola dan total mengoleksi 21 gelar juara sebelum akhirnya hengkang pada 2014 silam.

Selama bermain untuk Blaugrana, karier Valdes begitu gemilang dengan beberapa diantaranya memenangi enam gelar LaLiga, tiga gelar Liga Champions, dua trofi Piala Dunia Antarklub, dan 2 Piala Super Eropa. Belum cukup sampai disitu, Valdes juga punya koleksi juara Piala Dunia 2020 dan Piala Eropa 2012.

Untuk penghargaan individual, Valdes pernah dua kali dinobatkan sebagai kiper terbaik Laliga dan lima kali memenangkan trofi Zamora untuk kiper yang kebobolan paling sedikit di ajang LaLiga Spanyol. Dengan semua capaiannya ini, tentu saja banyak hal yang bisa Valdes jadikan kenang-kenangan tuk disimpan di lemari trofinya.

Tapi, pilihan Valdes ternyata bukan trofi, medali atau sarung tangan yang jadi simbol dirinya adalah mantan kiper nomor satu klub sebesar Barcelona. Satu-satunya yang dipajang di rumahnya adalah jersey final Liga Champions 2006 ketika El Barca menang 2-1 atas Arsenal.


Baca Juga:



Valdes menjadi bintang di laga itu dengan memblok tendangan jarak dekat Thierry Henry dan membuat Barcelona bangkit dengan mencetak dua gol melalui Samuel Eto’o dan Juliano Belletti setelah sempat tertinggal lebih dulu karena gol Sol Campbell.

“Satu-satunya memorabilia yang saya simpan dari masa aktif saya sebagai kiper, lebih dari apa yang bisa saya ingat hanyalah jersey laga melawan Arsenal ini.” ungkap Valdes dalam unggahan terbarunya di Instagram.

“Malam itu memberikan saya kekuatan untuk terus bermain di Barcelona selama bertahun-tahun. Tanpa pertandingan itu, saya mungkin tidak akan bertahan lama di Barca. Saya bisa mengatasi semua kritik dan tekanan.” jelasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com