Bukan Fergie, Giggs Justru Banyak Belajar dari Pelatih Satu Ini

0
39
Ryan Giggs

Vivagoal Liga Inggris – Ryan Giggs yang menghabiskan 13 tahun bersama Sir Alex Ferguson justru mengaku mendapat banyak pengalaman melatih bersama Louis Van Gaal. Bagaimana bisa?

Setelah pertama kali berseragam Manchester United pada 1990, Giggs tak pernah mengganti seragamnya tersebut. Ia bahkan menjalani karir sepakbola profesionalnya hanya bersama Man United hingga gantung sepatu pada 2014.

Tak lama kemudian, Giggs sempat menjadi pelatih interim menggantikan David Moyes. Perannya kemudian bergeser menjadi asisten pelatih seiring kedatangan Van Gaal.

Giggs sendiri mengaku jika pengalaman melatihnya berkembag pesat ketika menjadi asisten Van Gaal, bukan ketika menjadi pemain Sir Alex. Ia menjelaskan jika bersama Van Gaal ia lebih mendalam dalam berproses menjadi pelatih.

“Anda tidak tahu apa yang pelatih lihat hanya dalam video. Pemain mendapatkan tujuh atau delapan menit untuk melihat lawan, namun staf pelatih melakukannya [menonton video] selama berjam-jam,” ujar Giggs dalam Manchester United Podcast.

“Jadi itu benar-benar berbeda, meski anda bekerja di bawah seorang pelatih untuk waktu yang lebih lama. Saya mengambil sisi manajerial dan hal yang berbeda dari apa yang dilakukan Sir Alex,” imbuhnya.

“Sementara itu, dengan Louis saya melihat secara langsung sistem yang berbeda, mengapa anda memainkan sistem yang berbeda, alasan untuk ini dan itu, sungguh pengalaman yang sangat bagus,” lanjutnya.


Baca Juga:


Lebih lanjut Giggs mengatakan jika pengalaman menjadi pelatih interim membuatnya yakin untuk terjun sebagai pelatih. Ada pengalaman yang menyeramkan, namun ia lebih beruntung berada di sana.

“Pengalaman yang luar biasa, dan satu yang membuat saya yakin untuk menjadi seorang pelatih. Saya bisa mengatakan bahwa sampai saat itu, saya masih belum begitu yakin,” tambahnya.

“Saya merasa nyaman dalam membuat keputusan, saya merasa nyaman dalam posisi itu. Itu adala pengalaman yang brilian,” pungkasnya.

Giggs sendiri kini tengah menjabat sebagai pelatih kepala timnas Wales.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here