Catatan Impresif Italia Untuk Melaju Mulus ke Final Piala Eropa 2020 - Vivagoal.com
Catatan Oke Italia Yang Melaju Mulus ke Final Piala Eropa 2020
Timnas Italia, Foto: dok Bola Okezone

Catatan Impresif Italia Untuk Melaju Mulus ke Final Piala Eropa 2020

A Hendra - July 7, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Tim Nasional Italia benar-benar melaju mulus tanpa terlalu banyak rintangan berarti untuk lolos ke partai Final Piala Eropa 2020. Mereka kini tinggal menunggu pemenang antara Denmark atau Inggris pada partai puncak nanti.

Italia melaju ke final Piala Eropa 2020 dengan catatan yang terbilang luar biasa. Mulai dari babak kualifikasi, fase grup hingga fase knockout, Italia belum sekalipun ternoda kekalahan.

Italia pun melaju mulus dengan mendapat lawan yang relatif mudah seperti Turki dan Swiss yang dilibas dengan skor identik 3-0 di laga perdana dan kedua Euro 2020. Di partai terakhir, Gli Azzurri kembali bisa meraih tiga poin saat melawan Wales dengan skor 1-0.

Tak selesai sampai disitu, Austria yang berstatus kuda hitam dan Belgia yang menyandang predikat nomor satu dunia versi FIFA juga disingkirkan dengan skor identik 2-1 tuk melaju ke semifinal. Padahal mereka diragukan karena sempat tidak bisa lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di babak empat besar, bisa dibilang laga melawan Spanyol ini menjadi satu-satunya kegagalan Italia menang di waktu normal atau babak tambahan. Namun, Italia tetap bermain sangat efektif dan dinamis saat mengalahkan Spanyol.

Berdasarkan catatan UEFA, dari segi jumlah umpan, Italia cuma punya 387 operan, sangat jauh jika dibandingkan Spanyol yang mencapai 708 operan. Bahkan Italia punya akurasi yang sebenarnya lebih buruk dengan 74% berbanding 88% milik Spanyol.


Baca Juga:


Tapi bedanya, Italia lebih efisien dalam membangun permainan, terbukti dengan tujuh tembakan dengan empat mengarah ke gawang, satu diantaranya menjadi gol. Sementara Spanyol punya 16 percobaan dengan lima yang menuju ke gawang, tapi cuma satu yang jadi gol.

Satu hal lain yang membedakan kedua tim adalah daya jelajah. Italia menjangkau hingga 112,4 km, yang mana 6 km lebih jauh dari total jarak yang ditempuh para pemain Spanyol (106 km). Statistik ini menunjukkan kesungguhan tekad pemain Italia.

Pandit sepakbola Spanyol, Guillem Balague pun sampai merasa perlu memberi pujian pada kiprah timnas Italia di Euro 2020 ini. Menurut Balague, Italia adalah tim yang paling spektakuler dan efisien pada ajang Euro 2020 ini.

“Italia adalah tim yang benar-benar layak mencapai final. Mereka sangat mungkin bisa menjadi juara Euro 2020′,” ucap Balague seperti dikutip dari BBC Sport.

“Italia merupakan salah satu tim paling spektakuler dan efisien di Euro 2020. Dari sudut pandang itu, kita berbicara tentang Italia yang layak masuk ke final, dan mereka akan membuktikan ekspektasi tersebut.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A Italia hanya di Vivagoal.com