Italia vs Spanyol: Ajang Unjuk Kualitas Jorginho vs Busquets - Vivagoal.com
Italia vs Spanyol: Ajang Unjuk Kualitas Jorginho vs Busquets
Jorginho, Foto: dok Football5star

Italia vs Spanyol: Ajang Unjuk Kualitas Jorginho vs Busquets

A Hendra - July 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Italia akan menghadapi Spanyol di semifinal Piala Eropa 2020, Rabu (7/7) dinihari WIB. Pertandingan diprediksi berlangsung seru karena sekaligus bakal jadi ajang pamer kreativitas antara dua gelandang pesohor, Jorginho dan Sergio Busquets.

Pada era Roberto Mancini, banyak yang menganggap kesuksesan Italia di Piala Eropa 2020 kali ini karena peran penting Jorginho. Berposisi sebagai gelandang box-to-box, Jorginho cukup lihai dalam mengawal lini tengah Gli Azzurri baik saat menyerang ataupun diserang.

Dengan skema permainan menyerang yang diusung Mancini, Jorginho dituntut tuk selalu bisa tampil prima menjaga keseimbangan tim. Tak heran, gelandang Chelsea itu belum pernah dicadangkan dalam lima laga Italia di Euro 2020.

Diplot sebagai gelandang bertahan dalam skema 4-3-3, Jorginho sukses membukukan sebuah statistik yang fantastis. Dilihat dari situs WhoScored, Jorginho mampu membukukan akurasi umpan sukses hingga 93,6 persen. Itu belum termasuk 1,7 tackles sukses per game, empat halauan per game, enam pemulihan penguasaan per game, dan 1.7 umpan kunci per game.

Sementara Sergio Busquets, masih terus diandalkan dalam menggalang lini tengah timnas Spanyol sedari 2009 hingga saat ini. Bagi Spanyol yang sangat mendewakan penguasaan bola, Busquest adalah sosok penting dalam skema permainannya.

Kebetulan, Busquest muncul saat Pep Guardiola yang memegang Barcelona tahun 2008 silam. Pada periode tersebut, permainan tiki-taka Barca yang mengandalkan penguasaan bola dan umpan-umpan pendek banyak dipuji bahkan dijadikan panutan oleh banyak tim lain.


Baca Juga:


Pesepakbola 32 tahun itu pun jadi penegasan kehebatan strategi Tiki Taka ala Enrique. Sebagai bukti, saat Spanyol melibas Kroasia 5-3, Busquets bisa membuat hingga 114 umpan dengan akurasi umpan sukses mencapai 92.4%.

Sementara saat Spanyol menyingkirkan Swiss di babak perempafinal, Busquets lagi-lagi jadi motor kemenangan dengan mengkreasikan 123 umpan dengan akurasi mencapai 88,6 persen.

Roberto Mancini sendiri menilai tak perlu ada perbandingan semacam itu antara Jorginho dengan Sergio Busquets. Menurutnya, keduanya sudah punya gaya bermain masing-masing, dan komparasi penampilan keduanya sangat tidak adil. Terlebih keduanya datang dari generasi yang berbeda.

“Tentu saja, mereka adalah salah satu yang terbaik dalam peran mereka,” ucap pelatih timnas Italia, Roberto Mancini seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

“Busquets telah menjadi pemain yang fantastis selama bertahun-tahun. Dia telah ada lebih lama, dibandingkan dengan Jorginho. Mengingat cara dia bermain sekarang sungguh sesuatu yang hebat. Tapi bagaimanapun, Jorginho juga termasuk yang terbaik.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com