Cetak Gol Olimpiade, Calhanoglu dan Juan Cuadrado Masuk Buku Rekor - Vivagoal.com
Cetak Gol Olimpiade, Calhanoglu dan Juan Cuadrado Masuk Buku Rekor
Hakan Calhanoglu, Foto: dok Inter.it indonesia

Cetak Gol Olimpiade, Calhanoglu dan Juan Cuadrado Masuk Buku Rekor

A Hendra - December 7, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalSerie A – Hakan Calhanoglu dan Juan Cuadrado masuk buku rekor usai mencetak gol yang disebut gol Olimpiade saat membantu timnya masing-masing menang atas lawan-lawannya. Keduanya diprediksi bakal masuk dalam buku rekor.

Hakan Calhanoglu mencetak gol olimpiade saat Inter Milan menghadapi AS Roma di Stadion Olimpico, Minggu (5/12) dinihari WIB. Dia menendang bola masuk ke dalam gawang lewat sepak pojok di menit ke-15 sekaligus menjadi pembuka kemenangan Inter 3-0 atas Roma.

Dikutip dari situs resmi Inter, Calhanoglu menjadi pemain keempat Nerazzurri yang bisa bikin gol OIimpiade di era modern. Sebelumnya, ada Christian Eriksen yang melakukannya saat melawan Napoli di Copa Italia 2020, Alvaro Recoba (Empoli, Serie A 2007) dan Dejan Stankovic (vs AC Milan, Serie A 2004).

Sehari berselang, Juan Cuadrado mengikuti jejak Calhanoglu mencetak gol Olimpiade saat Juventus menang 2-0 atas Genoa di Allianz Stadium, Senin (6/12) dinihari WIB. Pemain asal Kolombia itu mengeksekusi sepak pojok pada menit ke-9, di mana bola tendangannya melengkung masuk ke arah pojok kiri atas gawang Genoa.

Dikutip dari Football Italia, dalam istilah sepakbola, yang dilakukan Calhanoglu dan Juan Cuadrado dikenal sebagai gol Olimpiade, yakni mencetak gol langsung dari tendangan sudut. Apa hubungan antara gol itu dengan pesta olahraga terbesar di dunia tersebut? Ternyata tidak ada.


Baca Juga:


Gol itu hanya diistilahkan sebagai gol Olimpiade ketika pertama kali tercipta pada tahun 1924, saat Argentina melawan Uruguay dalam sebuah laga persahabatan. Dikutip dari laman resmi FIFA, Uruguay yang berstatus juara Olimpiade 1924 takluk 1-2 dari Argentina.

Calhanoglu dan Juan Cuadrado sendiri menjadi pemain ke-8 dan 9 yang bisa mencetak gol Olimpiade. Sebelumnya ada Zico, Diego Maradona, David Beckham, Ronaldinho, Roberto Carlos, Sukru Gelesin dan Tony Kroos. Khusus untuk Sukru Gelesin, pemain asal Turki itu sejauh ini masih tercatat sebagai topscorer gol Olimpiade dengan torehan 32 gol langsung dari tendangan sudut. (HS)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com