Costa Pernah Bela Dua Timnas, Kenapa Ezra Tak Bisa Bela Indonesia?

0
788
Ezra Walian

VivagoalLiga IndonesiaDi saat Ezra Walian dilarang untuk membela timnas Indonesia karena sudah pernah membela timnas Belanda U-17, hal yang berbeda justru dialami oleh penyerang Atletico Madrid, Diego Costa dan Kevin-Prince Boateng yang bisa tetap bisa bermain di dua timnas.

Ezra dipastikan gagal membela timnas Indonesia U-23 di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 karena terkendala masalah administrasi. Status Ezra yang sudah pernah membela timnas Belanda di ajang Euro U-17 membuat FIFA tak memperkenankan Ezra membela Garuda Muda meski telah berada di Vietnam.

Ezra dalam hal ini tidak memenuhi pengecualian yang kemudian tertuang di pasal 8 A Statuta FIFA. Dalam pasal itu, FIFA menyebut seorang pemain punya kesempatan sekali berganti kewarganegaraan dalam hidupnya. Baik itu untuk pemain yang berkewarganegaraan ganda maupun pemain yang berkesempatan mendapatkan kewarganegaraan baru.

“Dia tidak pernah bermain baik penuh maupun tidak di kompetisi resmi pada Kategori A match untuk asosiasinya saat itu, dan pada saat dia bermain secara penuh maupun tidak di laga internasional pada kompetisi resmi dari asosiasinya saat itu, ia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang ia hendak bela (negara baru).” Tulis Statuta FIFA.

Baca Juga :  Allegri Buka-Bukaan Terkait Penilaiannya pada CR7

Lantas, hal yang membedakan kasus Ezra, Costa, Boateng dan Geoffrey Kondogbia, termasuk Pepe dan Deco yang kelahiran Brasil dikarenakan negara kelahiran mereka mengizinkan warganya memiliki negara ganda.

Costa mendapat paspor Spanyol setelah tinggal lima tahun lebih disana. Dua laga friendly match  yang dilakoninya bersama Brasil lawan Italia dan Rusia bukan laga tipe A menurut statuta FIFA.

Deco dan Pepe juga tinggal di Portugal tapi belum pernah main untuk timnas Brasil. Sehingga bisa membela Portugal. Sementara Boateng, bisa membela Ghana, negara kelahiran Ibunya, meski pernah bermain bersama timnas Jerman di level usia muda.

Lain lagi dengan kasus gelandang Prancis, Geoffrey Kondogbia yang pernah bermain di level junior sampai senior timnas Prancis. FIFA mengizinkan Kondogbia berpindah timnas pada Agustus 2018 karena dia punya dua kewarganegaraan, Prancis dan Republik Afrika Tengah. Selain itu, lima pertandingan Kondogbia bersama Prancis bukanlah laga kategori A.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here