Dikalahkan Thailand, Indonesia Gagal Melaju ke Final SEA Games - Vivagoal.com
Indonesia U-23 Semifinal Thailand U-23 SEA Games 2021
Sumber: Changsuek.

Dikalahkan Thailand, Indonesia Gagal Melaju ke Final SEA Games

Arie Lihardo - May 19, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final SEA Games 2021. Hasil itu dipastikan usai takluk dari Thailand U-23 lewat babak tambahan waktu dengan skor akhir 0-1.

Berlangsung di Thien Truong, Vietnam, Kamis (19/5), persaingan sengit ditunjukkan kedua kubu di awal pertandingan. Situasi tersebut tampak menyulitkan Indonesia dan Thailand untuk mencetak gol pembuka.

Indonesia berusaha mencetak gol lewat skema yang diberatkan di sisi kanan. Akan tetapi, pertahanan Thailand masih mampu membendung serangan yang dimotori Egy Maulana Vikri tersebut.

Indonesia U-23 Semifinal Thailand U-23 SEA Games 2021

Sementara itu, Thailand sempat mendapat kesempatan emas lewat aksi Benjamin Davis di menit ke-24. Akan tetapi, tendangan pemain Oxford United tersebut masih melambung di atas mistar gawang meski minim penjagaan.

Hingga berakhirnya peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan, tidak ada peluang berarti yang tercipta dari kedua kubu. Skor kacamata menjadi penutup paruh pertama.


Baca Juga:


Usai turun minum, situasi nyaris tak berbeda. Baik Indonesia dan Thailand sama-sama masih kesulitan mengembangkan permainannya.

Hingga akhirnya, pertahanan Thailand mulai terbuka beberapa menit terakhir. Indonesia nyaris memecah kebuntuan di menit ke-78. Sayangnya, sundulan Marc Klok masih mampu ditepis oleh kiper Thailand, Kawin Thammasatchanan.

Berlanjut di menit 85, usaha Egy Maulana Vikri yang sudah mampu melewati penjagaan pemain bertahan Thailand usai menerima umpan Saddil Ramdani juga masih gagal menembus gawang Thailand. Akhirnya laga pun dilanjutkan ke tambahan waktu.

Indonesia U-23 Semifinal Thailand U-23 SEA Games 2021
Sumber: Changsuek.

Thailand pun akhirnya sukses memecah kebuntuan. Lima menit setelah extra time bergulir, Weerathep Pomphan melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti yang tak mampu diredam oleh kiper Indonesia, Ernando Ari. 1-0 Thailand unggul.

Indonesia gagal membalas gol tersebut hingga babak tambahan waktu usai. Dengan begitu, Thailand menjadi tim pertama yang mengamankan tiket final SEA Games tahun ini.

Sementara itu, Indonesia bakal mengikuti perebutan medali perunggu. Lawan dari Marc Klok dan kawan-kawan akan ditentukan dari hasil laga semifinal lainnya antara Vietnam melawan Malaysia yang akan berlangsung di Viet Tri, Vietnam, Kamis (19/5) pukul 19.00 WIB.

Indonesia U-23 0-1 Thailand U-23

Semifinal SEA Games 2021
Stadion Thien Truong, Vietnam / Kamis, 19 Mei 2022
Gol: Weerathep Pomphan (95′)

Susunan Pemain

Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (GK); Fachruddin Aryanto, Rizki Ridho, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari. Pelatih: Shin Tae-Yong.

Thailand U-23 (3-4-3): Kawin Thammasatchanan (GK); Nakin Wisetchat, Jonathan Khemdee, Chonnapat Buaphan; Airfan Doloh, Ekanit Panya, Worachit Kanitsribumphen, Benjamin James Davis; Weerathep Pomphun, Chayapipat Supanpasuchl, Korawich Tasa. Pelatih: Alexandre Polking.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com