Dituding Sering Gonta-ganti Formasi, Koeman: Tergantung Lawannya - Vivagoal.com
Duo Veteran Barcelona Doakan yang Terbaik Untuk Masa Depan Koeman
Sumber: Pikiranrakyat.com

Dituding Sering Gonta-ganti Formasi, Koeman: Tergantung Lawannya

Aditya Bayu - September 20, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman menegaskan jika formasi tim bergantung kepada lawan yang dihadapi. Jika salah pilih formasi, bisa jadi Barcelona babak belur.

Kekalahan 0-3 Barcelon dari Bayern Munich di Liga Champions membuat Koeman menjadi sorotan. Pelatih asal Belanda itu dituding terlalu berani mengubah formasi yang digunakan bahkan saat melawan sekelas raksasa Bundesliga tersebut.

Betapa tidak, Barcelona saat itu tampil dengan formasi 3-5-2. Padahl biasanya klub asal Catalunya itu kerap tampil dengan formasi 4-3-3.

Namun Koeman memiliki alasan kuat atas keputusannya tersebut. Ia mengaku jika hal tersebut perlu dilakukan karena melihat taktik lawan dan ketersediaan pemain.

“Ada banyak formasi berbeda untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan dan banyak tim yang memiliki variasi formasi,” ujar Koeman kepada Marca.

“Itu tergantung pada para pemain yang tersedia. Formasi dasarnya adalah 4-3-3, tapi tergantung pada jumlah penyerang atau bek yang tersedia.”


Baca Juga:


Lebih lanjut Koeman mengatakan jika Barcelona bisa saja kalah lebih besar jika tidak menggunakan formaso 3-5-2 lawan Bayern Munich. Ia juga mengatakan jika tim tidak selalu bermain menyerang namun juga harus siap bertahan.

“Jika kami bermain lebih terbuka saat bertemu Bayern, tentu kekalahan kami akan lebih besar,” lanjut Koeman.

“Kami mampu memenangi setiap pertandingan. Tentu kami harus bersiap dengan baik dan bertahan dengan baik,” tutupnya. (RD)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com