Drogba Geram Tidak Pernah Ada Pemain Asal Afrika Menang Ballon d’Or

0
1175
Drogba Geram Tidak Pernah Ada Pemain Asal Afrika Menang Ballon d'Or

Vivagoal – Internasional – Legenda hidup sepakbola Pantai Gading, Didier Drogba kecewa pemain-pemain asal Afrika kerap dianaktirikan di ajang Ballon d’Or. Dalam pandangannya, sejumlah pemain asal Afrika sejatinya punya kapasitas tuk meraih trofi bola emas itu.

Sejak penghargaan tertinggi buat insan sepakbola dunia, Ballon d’Or digelar tahun 1956, tercatat baru satu pemain asal Afrika yang bisa meraih gelar prestisius tersebut. Momen itu terjadi 24 tahun silam, tepatnya pada 1995 dimana George Weah asal Liberia bisa mengalahkan Jurgen Klinsmann dan Jari Litmanen.

Baca juga: Pulisic Pesimis Bisa Jadi Pilihan Utama di Chelsea

Setelah periode George Weah, tidak ada lagi pemain asal Afrika yang bisa memenangkan trofi Bola Emas tersebut. Jangankan menang, menduduki posisi tiga besar pun pemain asal Afrika tidak pernah ada.

Padahal menurut Drogba, dalam kurun waktu 1995 hingga saat ini, sejumlah pemain asal Benua hitam punya kualitas setara pemain Eropa tuk memenangi Ballon d’Or. Pada awal tahun 2000-an, Afrika punya Samuel Eto’o dari Kamerun yang punya andil besar membawa Barcelona dan Inter Milan meraih treble masing-masing pada musim 2008/2009 dan 2009/2010.

Sayangnya, Eto’o tidak mampu bersaing dengan duapoli Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo raih Ballon d’Or tahun 2008 dan Messi semusim berikutnya. Hal yang sama kemudian dialami Mohamed Salah asal Mesir dan Sadio Mane dari Senegal.

Keduanya sukses membantu Liverpool lolos ke final Liga Champions musim 2017/2018 dan semusim berikutnya mengantarkan The Reds ke tangga juara kompetisi terelit benua biru itu. Khusus untuk Salah, ia bahkan keluar sebagai top skorer Liga Inggris dengan koleksi 34 gol. Sayang nama keduanya bahkan tidak masuk dalam posisi tiga besar dalam dua edisi terakhir Ballon d’Or.

Baca juga: Menohok! Alasan Khusus Juventus Memilih PES Dibandingkan FIFA

“Ada banyak pemain hebat yang sudah mewakili benua Afrika. Sangat disayangkan, ketika kita bicara tentang pemain Afrika, kami sangat tidak dihormati bahkan cenderung tidak diperhatikan.” kesal Drogba dilansir dari Sportskeeda.

“Sadio Mane, Mohamed Salah terus menunjukkan level permainannya dan saya berharap ada keajaiban mereka bisa dapat Ballon d’Or.” tandasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here