Ekspektasi Tinggi Buat Pemain La Masia Layu Sebelum Berkembang

0
459
Ekspektasi Tinggi Buat Pemain La Masia Layu Sebelum Berkembang

VivagoalLaLiga – Dalam beberapa musim terakhir, Barcelona boleh dibilang cukup jarang mengorbitkan pemain dari La Masia. Hal itu terjadi karena tuntutan tinggi diberikan kepada para alumni La Masia agar meniru keberhasilan para pendahulu mereka seperti, Carles Puyol, Xavi Hernandez, hingga Lionel Messi.

La Masia dianggap sebagai salah satu akademi sepakbola paling mumpuni dalam urusan mencetak bibit-bibit anyar pesepakbola. Namun, reputasi tersebut pelan-pelan memudar seiring jarangnya pemain-pemain akademi Barca yang gagal jadi penggawa utama tim itu.

Hingga saat ini, belum ada nama-nama pemain baru dari La Masia yang bisa bersinar sejak era Andres Iniesta, Victor Valdes, Sergio Busquest, Pedro Rodriguez, Thiago Alcantara, Rafinha hingga Sergi Roberto. Untuk periode sekarang, tersisa Lionel Messi, Busquest dan Sergi Roberto, akademi La Masia yang masih jadi pemain inti.

Memang ada Gerard Pique dan Jordi Alba, tapi keduanya lebih dulu pindah ke klub lain, sebelum akhirnya kembali ke Barcelona. Sementara, banyak lulusan yang gagal atau memilih bermain di klub lain.

Baca Juga :  Taktik Guardiola Dituding Jadi Penyebab Timnas Jerman Terpuruk

Menurut Carles Alena, pemain Barca B yang baru dipromosikan musim ini ke tim senior, alumni La Masia kian tergusur karena besarnya tekanan yang diberikan kepada seluruh pemain yang ada di akademi untuk meniru generasi emas yang dihasilkan La Masia dengan berbagai pemain seperti Xavi, Iniesta dan Messi.

“Saya sudah beberapa kali mengatakan bahwa orang-orang selalu menuntut lebih untuk melihat kesuksesan instan dari para pemain akademi Barcelona. Saya pikir, kesuksesan dari generasi emas Iniesta dan Xavi sangat sulit untuk diulangi lagi. Kita harus sadar bahwa itu butuh proses panjang.” kata Alena dikutip dari AS.

“Kami memainkan sepakbola yang baik, berlatih dengan cara unik. Tapi banyak jebolan La Masia yang potensial akhirnya tersisih dari skuat utama karena ekspektasi tinggi agar mau meniru generasi Iniesta. Itu yang buat tim jadi doyan membeli pemain ketimbang menggunakan jasa pemain muda binaan La Masia.” Alena menegaskan.

Selalu update berita bola terbaru seputar LaLiga hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here