Eksperimennya Hampir Bawa Madrid Kalah, Ini Kata Zidane - Vivagoal.com
Musim Depan, Zidane Bakal Tangani Tim yang Besarkan Namanya?
Zinedine Zidane. Sumber: Goal

Eksperimennya Hampir Bawa Madrid Kalah, Ini Kata Zidane

Aditya Bayu - March 2, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Langkah Zinedine Zidane merubah taktik di babak kedua melawan Real Sociedad hampir membuat mereka kalah.

Bersua Sociedad dalam lanjutan La Liga, Selasa (2/3/2021) dini hari WIB, Madrid harus puas berimbang di paruh pertama. Namun mereka dikejutkan saat tim tamu mencetak gol di menit 55 atas nama Cristian Portu.

Barcelona kemudian susah payah mengejar ketertinggalan setelah tim tamu membuat benteng kokoh di depan pertahanan. Beruntung, Vinicius Junior berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit 89.

Selain tim tamu yang tampil bertahan, kesulitan yang dialami Madrid tidak lepas dari eksperimen yang dilakukan Zidane. Ya, pelatih asal Prancis itu mengubah formasi dari awalnya empat bek di babak pertama menjadi tiga bek di babak kedua.

Zidane sepertinya sadar telah membuka ruang bagi tim lawan. Setelah ketinggalan, Madrid kemudian kembali bermain dengan formasi 4-3-3.

“Saya mengubahnya [formasi] karena saya tidak senang dengan tekanan yang bisa kami lakukan,” ujar Zidane dikutip dari Marca.


Baca Juga:


“Itu berjalan selama 10-15 menit, lalu kami mengubahnya lagi dan kami tampak lebih baik bermain dengan 4-3-3.”

“Pemain-pemain pengganti kami pun tampil apik setelah masuk ke lapangan,” imbuhnya.

Zidane pun tak menampik jika keputusan mengubah-ubah strategi terkadang adalah langkah yang keliru. Terlebih media terus mengamati hal tersebut.

“Jika Anda [media] terus bertanya pada saya dan sudah sebanyak tiga kali, maka ya, mungkin benar,” jawab Zidane soal apakah keputusannya menyulitkan Madrid.

“Kami memang harus membuat perubahan karena setelah satu jam, tim kami kelelahan. Terkadang kami harus membuat perubahan seperti itu.”

“Pada akhirnya, Anda hanya ingin menemukan sesuatu untuk mengubah dinamika pertandingan,” tandasnya.

Hasil imbang itu membuat Madrid tertahan di peringkat tiga dengan raiha 53 poin, tertinggal lima angka dari Atletico Madrid. (FID)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com