Guus Hiddink Sangat Yakin Laga Chelsea vs Barcelona 2009 Sudah Diatur

0
88
Guus Hiddink Sangat Yakin Laga Chelsea vs Barcelona 2009 Sudah Diatur

Vivagoal Liga Champions – Tidak ada permainan tanpa aturan main. Dalam sepakbola, adanya aturan tersebut membuat keberadaan wasit menjadi sangat penting. Namun, wasit kerap menjadi kambing hitam ketika ada keputusan-keputusan yang kontroversial.

Bahkan kredibilitas wasit bisa berubah hanya karena satu laga. Dan hal itulah yang dirasakan oleh wasit asal Norwegia, Tom Henning Ovrebo. Gara-gara kepemimpinannya di laga Chelsea vs Barcelona pada Mei 2009, nasib Tom Henning berubah.

Setelah pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions 2008/2009 itu, Tom Henning dicap oleh Guus Hiddink yang kala itu membesut Chelsea sebagai wasit terburuk. Laga yang berkesudahan 1-1 tersebut, meloloskan Barcelona ke partai final karena unggul agregat gol tandang (leg pertama 0-0), Tom Henning dituding terlalu menguntungkan kubu tamu, yakni Barcelona.

Chelsea yang tampil begitu percaya diri di hadapan puluhan ribu pendukungnya, sempat berada di atas angin setelah berhasil membuka keunggulan di menit ke-9 setelah sepakan keras Michael Essien merobek jala gawang Barcelona. Namun, peruntungan The Blues seperti memburuk setelahnya karena keputusan-keputusan Tom Henning banyak dinilai aneh dan kontroversial.

Dari enam insiden, setidaknya ada lima insiden yang seharusnya berbuah penalti untuk kubu Chelsea sebelum akhirnya Andres Iniesta mencetak gol maha penting Barca di menit ke-93.

Pelanggaran-pelanggaran yang dimaksud itu adalah ketika dua kali Eric Abidal melanggar Didier Drogba di area terlarang, diikuti oleh Dani Alves yang menjatuhkan Florent Malouda, plus handball Gerard Pique di kotak penalti, dan tendangan Michael Ballack yang mengenai tangan Samuel Eto’o di area 12 pas.


Baca Juga:



Seusai laga, Jose Bosingwa dan Didier Drogba sampai memaki Tom Henning yang berujung pada hukuman UEFA untuk keduanya. Pihak Chelsea wajar kecewa karena penampilan impresif mereka ternodai setelah di fase gugur berhasil menyingkirkan Juventus dan Liverpool, sebelum ditumbangkan Barca karena ulah Tom Henning.

Guus Hiddink yang begitu keras mempertanyakan putusan-putusan Tom Henning pada laga tersebut meyakini bahwa laga Chelsea dan Barcelona sudah diatur.

“Performa wasit mengejutkan saya, karena sebelumnya dia adalah wasit yang luar biasa. Saya bisa bilang, itu penampilan wasit terburuk yang pernah saya lihat selama berkarier sebagai pelatih. Saya pikir begitu, karena menurut saya, laga Chelsea vs Barcelona mungkin sudah diatur.” sembur Hiddink seperti dilansir dari Ziggo Sport.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here