Hanya Berlutut, Kok Marcus Thuram Kena Sanksi?

0
28
Hanya Berlutut, Kok Marcus Thuram Kena Sanksi?

Vivagoal BundesligaFederasi sepakbola Jerman (DFB) akan mengusut aksi solidaritas yang dilakukan beberapa pemain Bundesliga termasuk aksi berlutut Marcus Thuram untuk George Floyd. Keputusan DFB itu pun dipertanyakan.

Spieltag ke-29 Liga Jerman banyak diwarnai oleh aksi solidaritas yang dilakukan beberapa pemain top Bundesliga buat mendiang George Floyd, warga Amerika-Afrika yang tewas terbunuh di dengkul polisi Minneapolis, 25 Mei lalu.

Khusus untuk Marcus Thuram, penyerang Borussia Monchengladbach tersebut merayakan golnya ke gawang Union Berlin dengan cara berlutut. Anak legenda Juventus dan timnas Prancis, Lilian Thuram itu melakukan gestur berlutut sebagai bentuk protes atas aksi biadab polisi yang membunuh George dengan cara menekan lehernya menggunakan lutut.

Aksi teatrikal Marcus Thuram ini pun menuai banyak dukungan, namun oleh DFB ternyata dianggap sebagai pelanggaran karena menyuarakan slogan politik di tengah laga. DFB pun berencana mengusut masalah tersebut dan segera akan menjatuhkan sanksi kepada yang bersangkutan.

Pemimpin organisasi Kick It Out, Sanjay Bhandari lantas menyorot keputusan DFB itu. Menurutnya, apa yang dilakukan Marcus Thuram bukanlah sebuah kesalahan yang harus diganjar dengan sanksi.


Baca Juga:



“Saya berharap ada keringanan hukuman yang ditunjukkan otoritas Jerman. Saya pribadi heran, bagaimana bisa Marcus Thuram dihukum hanya karena dia berlutut?” sesal Sanjay seperti dilansir dari
Daily Star.

“Saya ingin tahu sekarang, bagaimana seorang pemain mau melakukan protes seperti yang saya maksudkan, apakah seorang pemain tidak boleh berlutut usai mencetak gol? Apakah karena dia berkulit hitam? Saya pikir, pemain berkulit putih juga banyak melakukan itu.” tegasnya.

“Menurut saya, semua pemain sudah wajar melakukan itu, semua tim bahkan bisa melakukan itu. Tengok saja aksi Erling Haaland di laga perdananya bersama Dortmund, dia merayakan golnya dengan semua pemain Dortmund berlutut.” demikian katanya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here