Inilah Negara Saingan Indonesia Tuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

0
114
Inilah Negara Saingan Indonesia Tuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

VivagoalLiga Indonesia Indonesia berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang. Besar kemungkinan Indonesia bakal bersaing dengan China dan negara-negara dari benua Afrika.

Rencana Indonesia untuk maju sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034 diumumkan langsung oleh sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Dalam upayanya ini, Indonesia akan menggandeng Australia setelah Thailand dikabarkan mengundurkan diri karena belum siap.

Keinginan PSSI ini sendiri sudah dihembuskannya sedari tahun 2017 silam. Kala itu disampaikan oleh Joko Driyono yang masih menjabat sebagai waketum PSSI saat itu.

Pada prosesnya, ide ini berkembang dengan majunya beberapa negara di Asia Tenggara secara kolektif untuk menjadi tuan rumah. Harapannya, peserta Piala Dunia bisa bertambah menjadi 48 negara, yang mana otomatis juga akan menambah kuota Asia dari 4 menjadi 8.

Baca Juga :  Kurang Istirahat, Tottenham Kritik Jadwal Lawan Ajax

Terlepas dari masalah yang akan muncul, Piala Dunia 2034 memang menjadi waktu yang paling pas buat Indonesia mengajukan diri. Pasalnya, Qatar yang merupakan anggota dari AFC sudah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Adapun Piala Dunia 2026 bakal digelar di tiga negara, yakni Amerika, Kanada dan Meksiko.

Berdasarkan aturan FIFA, Piala Dunia 2030 tidak bisa digelar di wilayah Asia (AFC) karena setiap benua setidaknya memiliki jeda dua event, alhasil, Piala Dunia 2030 besar kemungkinan bakal dilangsungkan di benua Eropa.

Adapun pesaing Indonesia untuk menggelar Piala Dunia 2034 adalah China yang punya ambisi besar menjadi negara adidaya dalam hal sepakbola di Asia. Berikutnya ada negara-negara di kawasan Afrika yakni Zimbabwe, Mesir, dan Nigeria. Namun sejauh ini Mesir yang indikasinya kuat.

Selalu update Klasemen Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here