Ironi, Robinho Dulu Pemain Liga Inggris Kini Cuma Bergaji UMP Brasil - Vivagoal.com
Ironi, Robinho Dulu Pemain Liga Inggris Kini Cuma Bergaji UMP Brasil
Sumber: AS English

Ironi, Robinho Dulu Pemain Liga Inggris Kini Cuma Bergaji UMP Brasil

Zikri Adillah - October 13, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Robinho dulu menjadi alasan utama kenapa harga transfer sepakbola saat ini menggila. Namun siapa sangka, pemain berusia 37 tahun itu kini cuma digaji di atas sedikit upah minimum.

Nama Robinho mendadak kembali menuai banyak sorotan setelah memutuskan kembali membela klub masa kecilnya, Santos. Mantan pemain Real Madrid tersebut dikontrak selama lima bulan kedepan dengan gaji cuma 271 dolar AS atau sekitar Rp 3,9 juta per bulannya. Angka itu sedikit diatas upah minimum di Brasil yang mencapai 257 dollar AS.

Robinho beralasan dirinya datang hanya dengan niat menolong Santos yang saat ini dalam kondisi krisis finansial setelah terlilit banyak hutang sehingga terancam dinyatakan pailit oleh pengadilan.

Robinho bermaksud membantu di atas lapangan agar Santos bisa kembali meraih prestasi meski sekalipun ia harus dibayar sangat murah.

Dilansir dari Transfermarkt, situasi Robinho ini memang sedikit ironis dengan masa lalunya sebagai seorang pesepakbola asal Brasil yang banyak mencetak kesuksesan di atas lapangan hijau.

Bagaimana tidak, pada tahun 2008 silam, saat City baru diakuisisi oleh Abu Dhabi United Group yang dipimpin Sheikh Mansour, City yang kala itu mengincar Dimitar Berbatov mengalihkan pemain buruannya kepada Robinho setelah Manchester United ogah melepas Berbatov ke klub rival sekotanya.


Baca Juga:


Di periode tersebut, Robinho didatangkan ke Etihad Stadium dari Real Madrid dengan banderol sebesar 32,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 625,9 miliar yang menjadikannya sebagai pembelian termahal di Liga Inggris kala itu.

Setelah kedatangannya, efek domino pun terjadi yang mana harga pemain perlahan mulai melambung tinggi. Dimulai saat Chelsea memboyong Fernando Torres dari Liverpool pada 2011 silam dengan banderol sebesar 50 juta poundsterling, Angel Di Maria dibeli MU dari Real Madrid dengan 59,7 poundsterling dan Paul Pogba diboyong di harga 89,3 juta pounds.

Bahkan setahun setelah kedatangan Robinho di City, Madrid langsung memecahkan rekor transfer dua kali selama semusim saat memboyong Ricardo Kaka dan Cristiano Ronaldo.

“Semua diawali pada 2008 ketika Manchester City memboyong Robinho, itu berefek panjang yang lantas menaikkan harga pemain.” ucap mantan direktur olahraga City, Mike Rigg.

Adapun Robinho selama dua musim memperkuat City justru tampil melempem karena hanya bisa mencetak 16 gol dari 53 laga. Ia pun dilepas ke Santos dengan status pemain pinjaman sebelum berpetualang ke AC Milan, klub asal China Guangzhou Evergrande, Atletico Mineiro di Brasil dan dua klub asal Turki, Istanbul Basaksehir dan Sivasspor.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com