Juru Latih AS Roma Lakukan Hal Konyol di Coppa Italia - Vivagoal.com
Juru Latih AS Roma Lakukan Hal Konyol di Coppa Italia
Paulo Fonseca, Sumber:Chiesa Di Totti

Juru Latih AS Roma Lakukan Hal Konyol di Coppa Italia

A Hendra - January 20, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga ItaliaPelatih AS Roma, Paolo Fonseca melakukan kesalahan dengan melakukan enam pergantian pemain saat ditaklukkan 2-4 oleh Spezia di Coppa Italia. Ini jadi kali kedua Fonseca lalai dalam hal administrasi pertandingan dan bikin Roma kalah.

Bertanding di Stadion Olimpico, Rabu (20/1/2021) dinihari WIB, Roma dan Spezia bermain imbang 2-2 di waktu normal. Pada masa babak extra time, Roma harus kehilangan dua pemainnya dalam tempo hanya 30 detik.

Yang pertama, Gianluca Mancini diusir wasit pada menit ke-91 karena mendapat kartu kuning kedua. Lalu setelahnya, kiper I Lupi Pau Lopez diberi kartu merah langsung karena melanggar Roberto Piccoli di luar kotak penalti.

Dalam kondisi 9 pemain dan kehilangan kiper, Roma lalu memasukkan kiper mudanya, Daniel Fuzato dengan menarik keluar Bryan Cristante. Ini adalah pergantian kelima bagi AS Roma dan seharusnya jadi yang terakhir.

Tapi di saat yang bersamaan, Fonseca kembali menarik keluar Pedro dan memasukkan Roger Ibanez. Fonseca bermaksud ingin bermain bertahan dan mengharapkan bisa menang dari babak adu penalti. Tapi itu artinya, Fonseca sudah melakukan 6 pergantian pemain.


Baca Juga:


Jika merujuk pada aturan FIFA, sebuah kompetisi boleh saja menambah jumlah pergantian pemain jika laga sudah memasuki babak extra time. Tapi aturan ini tak berlaku untuk kompetisi kasta kedua seperti Coppa Italia dan Fonseca sepertinya salah menafsirkan itu.

Pada akhirnya, pergantian itu juga tak berarti apa-apa karena mereka tetap kalah 2-4 setelah bermain dengan 9 pemain melawan 11 pemain Spezia. Andaipun Roma bisa menang, mereka tetap akan dinyatakan kalah by default karena melakukan pergantian melebihi kuota semestinya.

Berdasarkan catatan Football Italia, kelalaian administrasi yang dilakukan oleh Fonseca di laga kontra Spezia adalah kali kedua dilakukan di Roma sepanjang musim ini. Di pekan pertama Liga Italia, Fonseca yang melihat timnya bermain imbang 0-0 melawan Hellas Verona coba memainkan Amadou Diawara.

Ironisnya, Diawara yang sudah berumur 23 tahun, dan seharusnya sudah terdaftar di tim senior, Fonseca malah lalai dan mendaftarkannya ke dalam list pemain di bawah 22 tahun. Alhasil, Roma pun dinyatakan kalah WO 0-3.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com