Kalvin Philips: Jenderal Lapangan Tengah Inggris Yang Terlupakan - Vivagoal.com
Kalvin Philips: Jenderal Lapangan Tengah Inggris Yang Terlupakan
Kalvin Philips, Foto: dok Bola net

Kalvin Philips: Jenderal Lapangan Tengah Inggris Yang Terlupakan

A Hendra - July 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Laju Tim Nasional Inggris sejauh ini masih mulus dengan berhasil melaju hingga babak semifinal Piala Eropa 2020. Salah satu pemain kunci yang dianggap luput dari perhatian publik adalah Kalvin Phillips.

Raheem Sterling dan Harry Kane saat ini berstatus top skor timnas Inggris di pentas Piala Eropa 2020. Sementara kiper Everton, Jordan Pickford begitu tangguh di bawah mistar gawang The Three Lions dan tercatat belum sekalipun kebobolan alias sudah mencatatkan lima clean sheet selama Euro 2020.

Di sisi lain, bek sayap Manchester United Luke Shaw juga kerap menjadi pemberi assist yang memanjakan dan John Stones bersama Harry Maguire begitu kukuh di pos bek tengah. Namun rasanya ada satu nama pemain di Tim Tiga Singa yang terlupakan padahal perannya begitu penting sepanjang turnamen, yakni Kalvin Phillips.

Dilansir dari Mirror,  Phillips sejatinya begitu tidak tergantikan dalam skuad Gareth Southgate di Piala Eropa 2020. Gelandang tengah Leeds United itu begitu tangguh dalam mengawal lini tengah Inggris bersama Declan Rice.

Kalvin Phillips juga tampil apik dalam membangun serangan dan menyuplai bola ke lini serang The Three Lions. Belum lagi, kegemarannya melepaskan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti kerap membahayakan gawang-gawang lawan.

Padahal baru musim lalu, Phillips mengantarkan Leeds United promosi ke Premier League. Namun manajer Inggris Gareth Southgate melihat potensinya serta memberinya kepercayaan di Piala Eropa 2020 ini dan Phillips mampu membayar lunas kepercayaan itu.


Baca Juga:


Dirinya tercatat kali pertama melakoni debut dalam balutan seragam Inggris terjadi pada 10 bulan lalu, tepatnya saat Inggris menghadapi Denmark di ajang UEFA Nations League. Menariknya, kini Ia akan menghadapi lawan yang sama di babak semifinal Euro 2020 pada Kamis (8/7) dini hari WIB mendatang.

“Saya sangat terkejut ketika pertama kali dipanggil ke timnas. Saya tidak percaya,” ujar Phillips.

“Ini adalah momen yang spesial bagi saya. Saya suka merenung, melihat apa yang sudah saya lakukan dan saya mendapat kesempatan besar di usia muda ini. Saya masih merasa sebagai seorang suporter Inggris yang deg-degan menanti siapa lawan berikutnya.”

Saat ini Phillips masih berada dalam usia emas sebagai pesepakbola, yakni 25 tahun. Ia merupakan jebolan dari akademi milik Leeds United, yang bisa menembus skuad utama The Whites pada tahun 2015 silam.

Empat musim terakhir, perannya sebagai gelandang tengah di Leeds tidak tergantikan. Bahkan sepanjang musim 2020/2021, dalam debutnya di Premier League, Kalvin Phillips mampu mencatatkan 29 penampilan di Liga Inggris.

Awalnya, Phillips cuma merupakan pemain pelapis Jordan Henderson. Namun kini seiring performanya yang kian mantap, tampaknya Phillips bakal terus dipercaya untuk mengawal lini tengah Tim Tiga Singa dengan Jordan Henderson sebagai penghangat bangku cadangan. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com