Ketua Komisi X DPR RI: Sayang Jika Tim Investigasi Diisi PSSI, Kemenpora, dan Kepolisian - Vivagoal.com
Ketua Komisi X DPR RI: Sayang Jika Tim Investigasi Diisi PSSI, Kemenpora, dan Kepolisian
Sumber: DPR RI

Ketua Komisi X DPR RI: Sayang Jika Tim Investigasi Diisi PSSI, Kemenpora, dan Kepolisian

Muhammad Ilham - October 3, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Ketua Komixi X DPR RI, Syaiful Huda, menyayangkan jika tim investigasi untuk tragedi Stadion Kanjuruhan diisi oleh PSSI, Kemenpora, dan pihak Kepolisian. 

Ungkapan tersebut ia lontarkan ketika dirinya diundang dalam Twitter Space yang dilangsungkan oleh @panditfootball, Minggu (2/10), malam WIB. Dalam Twitter Space tersebut, dihadiri juga chief editor Narasi, Zen RS, pendiri Pandit Football, Andreas Marbun, Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, dan tentunya Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

Dalam pembicaraan tersebut, Syaiful Huda menyayangkan pembentukan tim investigas untuk menyusut tragedi Kanjuruhan. Bukan timnya yang ia kritisi, melainkan siapa yang ada di tim investigasi tersebut.

Menurutnya, dalam tim investigas ini, PSSI, Kemenpora, dan pihak Kepolisian tidak boleh ikut campur di dalamnya. Tim investigasi harus bersifat independen atau tidak terikat siapa pun dan bebas. Ia menginginkan adanya kelompok masyarakat dan pemerhati sepak bola dalam negeri dalam tim ini supaya tidak ada unsur atau kepentingan pemerintah.


Baca Juga:


“Saya setuju jika mendorong tim investigasi yang sifatnya independen. Meskipun, saya sangat menyayangkan jika Presiden RI, Joko Widodo, sudah menyebut bahwa tim investigasi terdiri dari PSSI, Kemenpora, dan Kepolisian,” ucap Syaiful Huda.

“Saya ingin mendorong supaya tim ini benar-benar independen. Menurut saya, PSSI dan beberapa elemen lain tidak perlu masuk ke dalam tim ini.”

Ketua Komisi X DPR RI: Sayang Jika Tim Investigasi Diisi PSSI, Kemenpora, dan Kepolisian
Sumber: Kemenpora

“Libatkan saja elemen-elemen lain yang punya kapasitas secara independen untuk melihat masalah ini dengan lebih objektif dalam tim ini. Jangan hanya diisi unsur pemerintah saja, tetapi libatkan juha kelompok masyarakat yang selama ini peduli dan terlibat penuh dalam dunia olahraga kita,” tututpnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com