Klopp Heran Mo Salah Finis ke-7 Ballon d'Or 2021, Dibawah Ronaldo - Vivagoal.com
Klopp Heran Mo Salah Finis ke-7 Ballon d'Or 2021 Dibawah Ronaldo
Mohamed Salah, Foto: dok Bola.net

Klopp Heran Mo Salah Finis ke-7 Ballon d’Or 2021, Dibawah Ronaldo

A Hendra - December 1, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mempertanyakan hasil Ballon d’Or 2021. Manajer asal Jerman tersebut heran karena nama jagoannya, Mohamed Salah hanya berada di posisi ke-7 dan dibawah Cristiano Ronaldo.

Seremoni penghargaan Ballon d’Or 2021 baru saja selesai digelar di Paris, Prancis, Senin (29/11) waktu setempat. Lionel Messi terpilih untuk membawa pulang bola emas itu untuk yang ketujuh kalinya usai mengungguli Robert Lewandowski dan Jorginho.

Penyerang berusia 34 tahun tersebut unggul 33 angka dari Lewandowsi yang mendapat 580 poin dan menempati posisi kedua. Di posisi ketiga ada Jorginho yang meraup 460 poin.

Ada pun Mohamed Salah finish di urutan ketujuh dibawah Cristiano Ronaldo yang ada di peringkat keenam dan hanya unggul atas Kevin de Bruyne, Kylian Mbappe dengan Gianluigi Donnarumma di posisi kedelapan hingga sepuluh.

Banyak pihak kemudian yang mempertanyakan hasil tersebut, khususnya yang merasa Lewandowski lebih pantas memenanginya. Apalagi ia mencetak 103 gol bersama Bayern Munich selama dua musim terakhir.

Di sisi lain, Klopp juga mengkritik parameter pemilihan pemenang Ballon d’Or yang berdasarkan performa individu, kolektif selama satu tahun kalender dan fair play. Satu lagi elemen pemilihan adalah fokus ke penilaian keseluruhan atas karier pemain.


Baca Juga:


Menurut Klopp, kriteria tersebut jelas menguntungkan Messi jika dibandingkan kandidat lainnya. Selain itu, Klopp mengaku kaget dan cukup heran dengan hasil polling yang menempatkan penyerang Liverpool, Mohamed Salah dibawah Ronaldo.

Padahal bicara soal performa individual, Mo Salah lebih mentereng dibandingkan pemain asal Portugal itu dalam dua musim terakhir. Mohamed Salah tercatat telah mengemas 48 gol dan 16 assist, sementara Ronaldo cuma 46 gol dan 7 assist.

“Saya tidak terlalu yakin soal Ballon d’Or, seratus persen.” kata Klopp dilansir dari ESPN.

“Anda selalu bisa memberikannya ke Messi karena kariernya, tapi jika Anda tidak memberikannya ke Robert Lewandowski setelah tahun ini, maka agak sulit baginya untuk meraihnya lagi.

“Selain itu, Mo Salah seharusnya lebih tinggi, tentu saja. Sejujurnya saya kaget dengan posisinya. Saya melihat jumlah suaranya, saya tidak tahu persis bagaimana pemilihannya. Makanya jangan tanya saya, tanya ke jurnalis kalau kalian berpikir hasilnya seharusnya berbeda.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com