Koeman: Belanda Tunjukkan Mental Pantang Menyerah - Vivagoal.com
Ronald Koeman Cukup Puas Dengan Penampilan Anak Asuhnya

Koeman: Belanda Tunjukkan Mental Pantang Menyerah

Fido Moniaga - November 20, 2018
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman mengaku puas dengan cara tim asuhannya lolos ke babak berikutnya UEFA Nations League. Belanda dapat tikes semi-final setelah secara dramatis mencuri poin di markas Jerman.

Bertandang ke Veltins Arena, kandang Jerman, Selasa (20/11) dinihari WIB, Belanda hanya butuh 1 poin atau seri jika ingin mendapat satu tempat di babak semi-final UEFA Nations League 2018.

Namun, di 45 menit babak pertama, Memphis Depay dkk malah tampil buruk. Mereka membiarkan Jerman mengembangkan permainan dan mengkreasikan beberapa peluang. Tak ayal, di menit ke-9 Jerman sudah mampu unggul 1-0 melalui Timo Werner. Sembilan menit kemudian, Jerman kembali memperbesar keunggulan jadi 2-0 melalui gol Leroy Sane menit 19.

[irp]

Jerman bisa saja memperlebar jarak jika penjaga gawang, Jasper Cillessen tidak tampil gemilang mengawal gawang Belanda.

Di menit-menit awal babak kedua, pasukan The Oranje masih terlihat kesulitan tuk bangkit, bahkan terus digempur Der Panzer. Tapi semangat pantang menyerah Belanda mulai terlihat saat laga tersisa 5 menit lagi. Adalah Quincy Promes yang membuka asa setelah mencetak gol pada menit 85′.

Saat pertandingan sepertinya akan berkesudahan dengan kemenangan perdana Jerman di ajang UEFA Nations League, bek Virgil van Dijk berhasil merobek jala gawang Manuel Neur di detik-detik terakhir laga.

Skor pun berkesudahan 2-2. Hasil ini pun sudah cukup buat Belanda lolos ke babak berikutnya menyusul Inggris, Portugal dan Swiss yang sudah memastikan diri lolos lebih dulu.

“Kami sudah berhasil menunjukkan karakter Belanda yang sebenarnya. Kami tidak menyerah dan terus berusaha hingga akhir. Saya akui Belanda tidak bermain apik kali ini,” tandas Koeman dilansir dari laman resmi UEFA.

“Kami sedikit kelelahan karena harus bertanding dua kali dalam jangka waktu istirahat yang pendek, apalagi melawan tim-tim seperti Prancis dan Jerman,” Koeman menambahkan.

“Tapi kami sudah memperlihatkan bahwa Belanda bisa bangkit meski harus melawan tim kuat seperti Jerman.” tegas Koeman.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com