Laga Supercoppa Di Arab Saudi Diprotes Akibat Kematian Jamal Khashoggi

0
268
Supercoppa di Protes Tuk Dilaksanakan

VivagoalBerita Bola – Supercoppa rencananya akan berlangsung di Arab Saudi. Laga itu sendiri akan mempertemukan dua raksasa Serie A  Juventus kontra AC Milan.

Pihak Serie A sendiri sudah mencapai kesepakatan dengan Arab Saudi terkait laga Supercoppa. Pada kontrak tersebut dituliskan jika kedua belah pihak menyepakati kontrak bernilai tujuh juta euro dan berdurasi sekitar tiga sampai lima tahun ke depan.

Partai Supercoppa pertama akan diselenggarakan pada bulan Januari mendatang. Laga yang direncanakan berlangsung di King Fahd International Stadium tersebut akan mempertemukan Juventus sebagai juara Serie A dan AC Milan, sang runner-up Coppa Italia.

Loading...

Namun protes keras jelang laga tersebut datang dari Allan Hogarth, seorang kepala bidang amnesti Internasional Inggris. Ia menilai jika pertandingan tersebut akan menjadi salah satu langkah pemerintah Arab Saudi membersihkan namanya terkait kasus kematian Jamal Khashoggi.

Jelas bahwa negara seperti Arab Saudi sadar akan potensi olahraga untuk melakukan kebijakan menata ulang citra negara dengan halus,” ujar Hogarth dikutip dari Football Italia.

Baca Juga :  Jelang El Clasico Jilid IV: Head to Head Madrid vs Barca

Kasus pembunuhan keji terhadap Jamal Khashoggi memang tengah hangat dibicarakan. Meski belum pasti namun pihak Arab Saudi dikabarkan terlibat dalam tindakan keji tersebut.

“Bahkan sejak sebelum pembunuhan mengerikan Jamal Khashoggi, Arab Saudi punya catatan buruk terhadap hak asasi manusia. Tim besar seperti Juventus dan Milan harus paham dalam acara olahraga di negara itu bisa menjadi bentuk dari sport washing,” lanjutnya.

Jamal Khashoggi sendiri merupakan kolumnis Washington Post yang dikenal sebagai sosok vokal dalam mengkritik pemerintahan Arab Saudi. Tak hanya lewat media, ia juga kerap melancarkan serangan melalui sosial media Twitter.

“Kami meminta klub Italia ini berpikir dua kali soal sinyal yang dikirimkan untuk penggemar sepak bola di seluruh dunia dan aktivis berani yang membela hak asasi di Arab Saudi,” tandasnya.

Tidak hanya sepakbola saja, rencana Rafael Nadal dan Novak Djokovic untuk melakukan pertandingan ekshibisi di Arab Saudi bulan depan juga terancam gagal terlaksana.

Selalu update berita bola terkini seputar dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here