Laurent Blanc, Calon Pelatih Barcelona yang Memiliki Catatan Apik

0
57
Laurent Blanc, Calon Pelatih Barcelona
Laurent Blanc, Calon Pelatih Barcelona (Sumber: Twitter)

Vivagoal La Liga – Masa depan Quique Setien sebagai entrenador Barcelona mulai kencang dispekulasikan. Namun yang mengejutkan muncul nama Laurent Blanc yang sudah menganggur selama 4 musim sebagai calon pelatih baru Lionel Messi Cs musim depan.

Sejak kali pertama ditunjuk menangani Barcelona pada Januari lalu, memang banyak keraguan yang menyertai Quique Setien. Meski dianggap memainkan gaya tiki taka, namun track recordnya yang belum pernah membesut tim top Eropa membuat banyak pihak tidak yakin pelatih berusia 61 tahun itu bakal sukses di Blaugrana.

Pada akhirnya keraguan itu sedikit terbukti setelah Barca harus merelakan trofi La Liga ke tangan musuh bebuyutannya, Real Madrid usai tertinggal tertinggal lima poin di klasemen akhir Liga Spanyol, termasuk kegagalan mempertahankan Copa del Rey usai disingkirkan Athletic Bilbao pada babak perempatfinal.

Dua kegagalan ini sudah cukup membuat masa depan Setien mulai dispekulasikan. Ditambah lagi dengan banyaknya masalah dengan para pemain membuat posisinya diyakini sudah tidak aman di Barcelona.

Beberapa nama pun mulai digadang-gadang bakal jadi suksesor Setien musim depan. Dari internal klub ada nama Patrick Kluivert, direktur olahraga akademi La Masia dan Francisco Javier Garcia Pimienta yang saat ini bertugas sebagai pelatih Barca B.

Namun yang mengejutkan adalah munculnya nama Laurent Blanc dalam kandidat calon pelatih tim Catalan musim depan. Padahal, pria asal Prancis ini sudah tidak pernah melatih lagi sejak dipecat Paris Saint-Germain pada 2016 silam.


Baca Juga:


Dilansir dari Sportskeeda, nama Blanc muncul ke permukaan setelah agennya Jorge Mendes melakukan manuver dengan membawa proposal penawaran ke presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Selain itu, Mendes juga dilaporkan tengah melakukan negosiasi dengan Valencia yang diketahui baru saja memecat pelatihnya.

Blanc sendiri memiliki track record yang cukup mumpuni sebagai pelatih. Sejak memutuskan jadi pelatih pada 2007 silam, Blanc sejauh ini sudah pernah membesut dua klub, yakni Girondins de Bordeaux dan PSG. Dari keduanya, Blanc bisa membukukan 236 kemenangan dengan 56 kali kalah dan 67 meraih hasil imbang.

Jika dipersentasekan, rekor kemenangan Blanc sebagai juru taktik tim mencapai 65,7 persen. Sementara rekor kekalahannya hanya di angka 15 persen saja. Dari catatan apik ini, Blanc total sudah mengoleksi 15 trofi juara dengan empat diantaranya gelar juara Ligue 1 Prancis, tiga bersama PSG dan sekali dengan Bordeaux.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here