Lawan Kroasia, Inggris Disarankan Pakai Skema Tiga Bek - Vivagoal.com
Inggris Tak Mungkin Juara Euro 2020 Kalau Mainnya Seperti Fulham
Timnas Inggris, Foto: dok Goal Indonesia

Lawan Kroasia, Inggris Disarankan Pakai Skema Tiga Bek

A Hendra - June 10, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Timnas Inggris dianggap tampil kurang mengesankan dengan formasi 4-3-2-1 saat Austria dan Rumania di laga uji coba. Jelang duel kontra Kroasia di laga pembuka Euro 2020, Rio Ferdinand menyarankan The Three Lions lebih baik bermain dengan skema 3-4-3.

Pada laga uji coba melawan Rumania dan Austria tengah pekan kemarin, Inggris memang mampu memetik kemenangan dengan skor identik 1-0. Namun sejatinya, Inggris tampil tak terlalu dominan hampir di segala sektor pada dua laga itu.

Berdasarkan perbandingan statistiknya, dilansir whoscored, pada laga kontra Austria, Inggris bahkan kalah dalam hal penguasaan bola dengan 39 persen berbanding 61 persen. Dalam hal percobaan tembakan, Inggris cuma mampu melepaskan sembilan kali. Sementara Austria bisa melepaskan hingga 14 percobaan dengan empat diantaranya on target.

Sedangkan saat melawan Rumania, Inggris cuma unggul tipis atas lawannya itu dengan 55 persen ball possesion berbanding 45 milik Rumania. Begitupun dalam hal percobaan tembakan, Inggris yang melepaskan 19 tembakan bisa diimbangi Rumania dengan 14 tembakan.

Hal berbeda justru saat Inggris coba-coba formasi dengan susunan 3-4-3 saat melawan Polandia dan Albania. Perubahan ini cukup besar dari variasi pola empat bek yang selama ini kerap mereka gunakan.


Baca Juga:


Variasi pola tiga bek sendiri baru dua kali digunakan, namun hasilnya lumayan bagus dengan Inggris mampu mencetak lebih dari satu gol dan meraih dua kali kemenangan. Rinciannya, menang 2-1 atas Polandia dan 2-0 atas Albania.

Merujuk pada penampilan pada dua laga itu, Rio Ferdinand menilai pakem 3-4-3 lebih tepat dipakai Inggris saat menghadapi Kroasia di laga perdana Euro 2020. Pasalnya, pengalaman dikalahkan Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2018 dengan pola 4-2-3-1 membuat Ferdinand tak yakin Inggris bisa meraup poin penuh atas Kroasia.

“Terakhir kali Kroasia mengendalikan permainan dengan Luka Modric dan Ivan Rakitic di lini tengah. Apakah kita akan mengizinkannya lagi?” ucap Rio Ferdinand seperti dilansir dari The Sun.

“Saya pribadi lebih menyarankan Inggris bermain dengan tiga di belakang, empat di tengah dan tiga di depan. Kane sebagai penyerang tengah, dan Jack Grealish dan Sterling di posisi sayap pada laga melawan Kroasia.

“Saya tak sabar melihat bagaimana Gareth mengatur mereka, apakah mereka akan bermain agak menyerang dan mengontrol permainan?” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com