Legenda Belanda Anggap Pemain Ini Kunci Liverpool Lewati City

0
152
Jose Gomez And Virgil Van Dijk

Vivagoal – Liga Inggris – Mantan pemain Belanda Ruud Gullit yakin kesuksesan merekrut Virgil van Dijk menjadi kunci Liverpool bisa mengatasi dominasi Man City dalam dua musim. Van Dijk sendiri memang berhasil menunjukan harga mahal yang dimilikinya tak percuma.

Van Dijk diboyong dengan nilai 75 juta poundsterling atau sekitar 1,33 triliun rupiah pada Januari tahun 2018. Sejak saat itu, Van Dijk tampil sangat dominan di lini belakang The Reds.

Pasukan Jurgen Klopp kini tumbuh sebagai tim dengan lini pertahanan terkuat di Eropa bahkan dunia. Pemain berusia 28 itu turut membantu Liverpool meraih kesuksesan di Liga Champions musim lalu dan saat ini unggul jauh di Premier League dengan selisih 25 poin.

Hal itu lah yang membuat Gullit menilai pembelian Van Dijk oleh Liverpool adalah keputusan yang sangat tepat. Ia yakin permainan Van Dijk adalah aspek krusial yang berdampak pada City untuk membentuk lini pertahanan solid.

Baca Juga: Cetak Gol ke-100 Sekaligus Jadi Kunci Kemenangan, Mane Panen Pujian

“Untuk meraih kemenangan, semua tim terbaik memiliki pertahanan yang bagus. Di Barcelona, bersama Puyol dibelakang, mereka mempunyai pertahanan hebat,”ujar Gullit dilansir Fox Sport Asia.

Ia menambahkan meski tim-tim sekarang bisa secara total bermain menyerang, akan percuma jika memiliki pertahanan yang rapuh karena akan kebobolan banyak gol. Gullit memberikan contoh yang dilakukan oleh City dengan membeli banyak bek namun tak maksimal.

“Pep Guardiola membeli empat pemain bertahan dan mereka tidak bisa melakukannya. (Sedikit) tidak beruntung karena masalah cedera. Tapi menjadi faktor kunci untuk memiliki bek yang bisa melakukan hal-hal penting,”ungkapnya.

Baca Juga: Enam Tim Ini Siap Maanfaatkan Jatah City di Liga Champions

“Banyak tim tak bertahan dengan baik. Jadi, dengan Van Dijk, masalah itu bisa terselesaikan. Van Dijk merupakan contoh yang tepat di Belanda.

Selain penyerangan, Liverpool memang memiliki keunggulan dari sisi pertahanan daripada tim lain. Sejauh ini bahkan mereka belum terkalahkan dengan meraih 25 kemenangan serta 1 imbang, dari total 26 laga Premier League.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here