LIB Pastikan Liga 1 dan 2 Digelar Tanpa Penonton - Vivagoal.com
Sumber: Liga Indonesia Baru
Sumber: Liga Indonesia Baru

LIB Pastikan Liga 1 dan 2 Digelar Tanpa Penonton

Arie Lihardo - May 31, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi liga tanah air telah memastikan kalau turnamen Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 akan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion.

Direktur Operasional LIB, Sudjarno menyatakan LIB dan PSSI belum berani mempersilahkan penonton masuk ke dalam stadion. Hal tersebut diputuskan lantaran kasus Covid-19 yang masih meningkat di Indonesia.

“Tidak ada penonton. Ini sudah menjadi keputusan bersama, termasuk Polri dan BNPB. Izin keramaian dari Polri juga akan menyatakan liga tanpa penonton,” kata Sudjarno seperti dipetik dari Antara.

Pernyataan tersebut sekaligus meluruskan rumor yang beredar melalui media sosial yang menyebut penonton diperbolehkan hadir secara bertahap ke stadion.

Sebuah akun berita sepakbola menyebutkan LIB dan PSSI akan menerapkan tiga fase perizinan penonton di stadion, mulai dari fase 1 (Juli-Agustus 2021) yaitu 500-1.000 penonton, fase 2 (September-Desember 2021) 1.000-2.000 penonton, dan fase 3 (Januari-Maret 2022) dengan 1.000-5.000 penonton.


Baca Juga:


Menurut Sudjarno, unggahan tersebut merupakan kajian LIB yang dipaparkan saat rapat koordinasi (rakor) bersama Menpora, PSSI, Polri, dan Satgas Penanganan Covid-10 di Gedung Kemenpora, pada Senin (24/5) lalu.

“Itu memang ada dalam draf yang kami susun. Namun, sudah diputuskan tidak ada penonton di stadion saat liga,” jelas Sudjarno.

Seperti yang diketahui kompetisi Liga 1 2021-20222 bakal dimulai pada 10 Juli 2021 sampai Maret 2022. Kompetisi akan berlangsung dengan format liga penuh dan dengan sistem seri.

Akan ada enam seri yang sudah ditetapkan dalam Kongres Biasa PSSI pada Sabtu (29/5) dan akan dilaksanakan du tiga klaster daerah di Pulau Jawa. Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, dan klaster ketiga di Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, dan seri tiga di klaster ketiga. Selanjutya, seri keempat digelar di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua, dan seri keenam kembali ke klaster pertama.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com