Mancini Heran, Mengapa Juara Bertahan Piala Eropa Masuk Di Pot 3

0
4494
Mancini Heran, Mengapa Juara Bertahan Piala Eropa Masuk Di Pot 3

Vivagoal Internasional – Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, mempertanyakan keputusan UEFA yang menempatkan timnas Portugal di Pot 3 jelang undian babak grup Piala Eropa 2020. Menurutnya, keputusan tersebut sangat tidak masuk akal.

Portugal yang ditempatkan di Pot 3 bakal tergabung bersama negara-negara non unggulan seperti Turki, Denmark dan Swedia. Kejadian ini tentu saja cukup mengejutkan mengingat status Portugal sebagai juara bertahan Piala Eropa dan juara UEFA Nations League.

Baca juga: Dua Alasan Mou Terima Pinangan Tottenham

“Memasukkan Portugal ke pot 3 merupakan sesuatu yang tidak logis. Mereka adalah salah satu tim terbaik di Eropa dan berstatus sebagai juara bertahan,” geram Mancini seperti dikutip dari laman Football Italia.

Timnas Italia sendiri berada di pot 1 karena berstatus tuan rumah dan otomatis juga berstatus sebagai tim unggulan. Tapi Mancini justru menganggap itu adalah bencana karena besar peluang Leonardo Bonucci dkk bakal tergabung di grup neraka.

“Meskipun kami ditempatkan di pot 1 sebagai tim unggulan, tapi bisa saja tergabung di grup neraka bersama Portugal dan Prancis. Tapi, saya sama sekali tidak khawatir soal itu, karena hal tersebut adalah sesuatu yang positif,” Mancini menambahkan.

Sebagai informasi, UEFA menerapkan sistem baru dengan menggelar Piala Eropa di 11 negara berbeda. Di fase grup, bakal ada enam grup yang setiap grupnya berisi dua tuan rumah dan mendapat kesempatan menggelar pertandingan sebanyak dua kali.

Baca juga: Vivagoal Bagi-bagi Jersey Gratis!

Dengan demikian, empat dari enam tim sudah pasti menempati Pot 1 yakni Italia (Grup A). Inggris (Grup D), Spanyol (Grup E). dan Jerman (Grup F), semuanya adalah negara tuan rumah.

Untuk proses pengundian, 24 negara kontestan bakal dialokasikan ke dalam empat pot. Pot 1 akan berisikan tuan dan enam tim dengan peringkat terbaik di grup yakni Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Ukraina.

Lalu Pot 2 bakal berisikan enam tim dengan peringkat terbaik berikutnya, seperti Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda dan Rusia. Begitu pula untuk pot 3 dan pot 4 akan diisi oleh Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Wales, Republik Ceko dan Finlandia. Empat tiket sisanya masih harus menunggu hasil babak play-off yang rencananya digelar pada Maret 2020.

Baca juga: Mourinho Akan Buat Spurs Sejajar Dengan Liverpool dan City!

Melihat komposisi pot 1 hingga 4, potensi grup neraka sangat besar, mengingat Prancis, Belanda, dan Kroasia yang menempati pot 2 punya kans bersua dengan negara di Pot 1 dan Portugal yang ada di Pot 3 bakal menyempurnakan status grup neraka.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here