Mengenang Ricky Yacobi, Pembobol Gawang AC Milan

0
43
Ricky Yacobi, penjebol gawang AC Milan
Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi. Foto: Instagram/@rijacobi

Vivagoal – Liga Indonesia – Sepakbola Indonesia baru saja kehilangan salah satu penyerang terbaiknya, yakni Ricky Yacobi. Semasa aktif bermain, Ricky Yacobi merupakan salah satu striker yang begitu berbahaya di depan gawang lawan yang sukses bikin klub asal Jepang kepincut merekrutnya.

Sebelumnya, Ricky Yacobi baru-baru ini menghembuskan napas terakhirnya saat bermain sepakbola di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Selatan. Almarhum tiba-tiba terjatuh di lapangan usai mencetak gol. Almarhum sempat dilarikan ke RSAL Mintohardjo setelah diduga terkena serangan jantung. Sayang, nyawanya sudah tak tertolong lagi.

Sepanjang karir sepakbolanya, Ricky Yacobi termasuk dalam salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Dia bahkan pernah mengantarkan timnas Indonesia merebut dua medali emas SEA Games, termasuk membawa Indonesia menembus babak semifinal Asian Games 1986.

Performa impresifnya bersama Garuda Merah membuat klub asal Jepang, Matsushita Electric FC yang saat ini bernama Gamba Osaka tertarik untuk merekrutnya.

“Timnas Indonesia saat itu menghadapi Jepang di pra-Piala Dunia atau Pra-Olimpiade di Gelora Bung Karno, saya bikin gol indah pada waktu itu. Akhirnya mereka berminat mengajak saya ke sana,” kata almarhum seperti dinukil dari football5star.


Baca Juga:


Ricky Yacobi sendiri menjadi pemain Indonesia pertama yang bisa bermain di J-League. Namun, cuaca yang dingin menghambat adaptasi Ricky di sana, Alhasil, ia cuma bisa mengemas satu gol setelah enam penampilan.

Ricky sendiri pada prosesnya lalu memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola pada tahun 1991. Namun, selama gantung sepatu, keseharian Ricky tak pernah jauh-jauh dari lapangan hijau.

Namun yang paling dikenang dari sosok Ricky adalah ketika ia bisa merobek jala gawang AC Milan di laga friendly tahun 2011 silam. Saat itu, usia Ricky Yakobi tercatat telah menginjak 48 tahun.

Mendapatkan umpan terukur dari Kurniawan Dwi Yulianto, Ricky Yacobi yang membelakangi gawang melakukan kontrol pada bola, lalu berbalik dan melepaskan sepakan first time yang membuat kiper legendaris AC Milan, Massimo Taibi mati langkah.

Timnas Indonesia legends sendiri pada prosesnya takluk 1-5 dari AC Milan Glorie di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan Serginho bisa mencetak quattrick di laga itu sementara satu gol lainnya dibuat oleh Dida.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here