Mengenang Timnas Indonesia Yang Bikin Malu PSSI di Anniversary Cup 2018 - Vivagoal.com
Timnas Indonesia 2018

Mengenang Timnas Indonesia Yang Bikin Malu PSSI di Anniversary Cup 2018

Fachrizal Wicaksono - April 27, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Tanggal 27 April, tepat dua tahun lalu, PSSI menggelar turnamen Anniversary Cup 2018 sebagai bagian dari perayaan HUT PSSI ke-55.

Selain perayaan HUT PSSI ke-55, turnamen yang diikuti oleh empat negara itu, yakni Bahrain, Uzbekistan, Korea Utara dan Indonesia sendiri sekaligus menjadi ajang persiapan timnas Indonesia untuk Asian Games 2018.

Pelatih timnas Indonesia saat itu, Luis Milla sadar betul dengan target yang dibebankan kepadanya di Asian Games cukup berat. Oleh karenanya ia melihat Anniversary Cup 2018 itu untuk benar-benar dipersiapkan untuk timnya.

Milla lalu bergerak cepat memanggil 24 pemain yang memang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 nanti. Selain andalan timnas U-23 seperti Rezaldi Hehanusa, Febri Hariyadi, Evan Dimas, serta Hansamu Yama, tiga pemain senior juga dipanggil untuk mengikuti turnamen seperti Andritany Ardhiyasa, Lerby Eliandry dan Ilija Spasojevic.



Baca Juga:


Sayangnya, persiapan timnas Indonesia di kompetisi ini sempat terganggu setelah striker Ezra Walian yang awalnya diproyeksikan sebagai pemain utama tak bisa dimainkan. Ezra yang saat itu masih bermain untuk klub asal Belanda, Almere tak diizinkan pulang oleh pihak klub karena menganggap turnamen itu bukan agenda FIFA.

Singkat cerita, di pertandingan pembuka, timnas Indonesia yang berhadapan dengan Bahrain di Stadion Pakansari, 27 April 2018 meraih hasil memalukan usai kalah dengan skor 0-1 berkat gol tunggal Mohamed Marhoon.

Timnas Indonesia sendiri memang layak kalah di laga ini setelah harus bermain dengan 9 orang, usai Ilham Udin mengalami cedera dan Rezaldi Hehanusa mendapat kartu merah.

Bukannya bangkit di laga kedua, timnas Indonesia malah ditahan imbang tanpa gol oleh Korea Utara pada 30 April 2018. Sementara pada laga terakhir, timnas yang menghadapi Uzbekistan juga harus puas dengan skor kacamata.

Hasil ini membuat Indonesia sebagai tuan rumah turnamen harus puas berada di peringkat tiga. Sementara Bahrain berhasil menjadi juara turnamen yang digelar sebagai perayaan HUT PSSI. Ironis!

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com