Meski Dipecat, Valverde Kukuhkan Catatan Manis di Barcelona, Apa Itu?

0
207
Meski Dipecat, Valverde Kukuhkan Catatan Manis di Barcelona, Apa Itu?

VivagoalLa Liga – Barcelona resmi memecat Ernesto Valverde, Selasa (14/1) dini hari WIB. 2,5 tahun menangani Blaugrana, pria asal Basque nyatanya sempat mencatatkan hasil manis bersama klub. Apa saja itu?

Dipecatnya Valverde bukannya tanpa sebab. Ia dianggap gagal memenuhi ekspektasi petinggi klub dan fans. Selain itu, rentetan hasil minor pun membuat posisi Valverde semakin terjepit. Teranyar, Blaugrana harus kalah 2-3 dari Atletico Madrid di ajang Piala Super Spanyol.

Selama dua setengah tahun membesut Leo Messi dan kolega, Valverde sukses mencatatkan hasil positif. Menilik laporan Opta, Valverde menjadi pelatih kelima yang skses mendulang presentase kemenangan terbanyak di LaLiga.

Baca Juga: Meski Jaya di La Liga, Hal Ini Bikin Valverde Lengser

Dari 95 laga yang telah dimainkan, ia sukses mengoleksi 66 kemenangan. Jika ditarik dalam presentase, angka tersebut mencapai 69,5 %. Angka tersebut melebihi capaian dua nama besar yang pernah melatih Barcelona yakni Frank Rijkard dan Louis Van Gaal.

Valverde hanya kalah dari Gerardo Martino yang punya persentase kemenangan sebesar 71%, lalu ada Luis Enrique yang punya 76,3%, Josep Guardiola dengan 76,3% dan Tito Villanova yang bisa mengoleksi kemenangan hingga 92,1%.

Selain masuk dalam daftar pelatih Barcelona dengan kemenangan terbanyak, di musim debutnya, Valverde juga sukses membawa Barcelona tak terkalahkan dalam 36 laga di ajang Liga Spanyol. Dari 36 laga itu, hanya sembilan diantaranya yang berakhir imbang, dengan 27 sisanya tuntas dengan kemenangan.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here