Messi Satu-Satunya Pemain Yang Tak Akan Pernah Guardiola Cadangkan - Vivagoal.com
Guardiola Tak Terkejut Lihat Kondisi Barca Saat Ini
Sumber: Bola.com

Messi Satu-Satunya Pemain Yang Tak Akan Pernah Guardiola Cadangkan

A Hendra - October 1, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLigue 1 – Eks gelandang Manchester City mengungkapkan betapa besarnya kekaguman Pep Guardiola akan sosok Lionel Messi. Menurutnya, Messi jadi satu-satunya pemain yang tidak akan pernah dicadangkan Pep sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Megabintang Argentina, ​​Lionel Messi bisa dibilang adalah salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Sementara Pep Guardiola merupakan sosok pelatih yang pernah bekerjasama dengan Messi, di mana keduanya sukses mempersembahkan sederet gelar juara bergengsi untuk Barcelona.

Hubungan keduanya dianggap sangat harmonis dan saling mendukung satu sama lain. Guardiola dinilai tahu betul cara untuk memaksimalkan potensi Messi. Dirangkum dari Whoscored, selama empat musim dilatih Pep, jumlah gol Messi selalu meningkat setiap musimnya.

Sebagai bukti, di musim perdana Guardiola melatih Barca, yaitu pada 2008/2009, Messi mampu membukukan 38 gol. Kemudian meningkat menjadi 47 gol semusim setelahnya. Pada musim 2010/2011 jumlah gol Messi menembus 53 gol sekaligus catatan terbaik Messi dengan Guardiola.

Total ada 73 gol yang sukses La Pulga gelontorkan ke gawang lawan-lawan Blaugrana sepanjang musim 2011/2012. Secara keseluruhan, jika diakumulasi dalam empat musim ditangani Pep, Messi mampu mengemas hingga 211 gol. Jika dirata-ratakan lagi, dalam tiap musimnya Messi mampu melesakkan hingga 52,7 gol per musim.

Berkat torehan super oke itu, Messi menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang mampu meraih empat Ballon d’Or secara beruntun. Di sisi lain, berkat Messi pula, nama Pep Guardiola akhirnya melambung tinggi sebagai salah satu pelatih top Eropa.


Baca Juga:


Pasalnya, Guardiola yang sebelumnya hanya melatih tim akademi, namun dalam 4 musim menangani Barca, mampu menyumbangkan 3 gelar juara LaLiga Spanyol, 2 Copa del Rey, 2 trofi Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan dua gelar juara Piala Dunia Klub.

Ditangan Guardiola, Blaugrana meraih prestasi tertinggi sepanjang sejarah klub dengan torehan 14 trofi. Pencapaiannya tersebut jauh lebih baik dari legenda Barca, yakni Johan Cruyff yang hanya bisa menyumbangkan 11 trofi dalam waktu delapan tahun membesut El Barca.

“Di awal kedatangannya pada musim 2016/2017, ia (Guardiola) berbicara kepada kami tentang Lionel Messi. Ia bermaksud menyampaikan sebuah pesan,” ungkap Samir Nasri dikutip dari RMC Sport.

“Dia bertanya kepada kami di ruang ganti, ‘apakah Lionel Messi ada di sini’? Kami semua saling memandang dan berkata, ‘tidak, dia tidak di sini’. Guardiola lalu berkata, ‘Dia satu-satunya pemain yang tidak akan pernah saya taruh di bangku cadangan, terserah jika pemain lain marah.”

“Messi adalah seseorang yang sangat dia hargai, mereka diuntungkan satu sama lain saat mereka memulainya dan Messi meraih banyak gelar juara. Jadi mereka memilliki hubungan yang seperti itu.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 hanya di Vivagoal.com