Mirip Fergie, Solskjaer Disebut Tak Terlalu Cerdas

0
1062
Mirip Fergie, Solskjaer Disebut Tak Terlalu Cerdas

Vivagoal Liga Inggris – Mantan pemain Manchester United, Gordon Strachan menyebut ada kemiripan antara Solskjaer dengan Ferguson salah satunya adalah ketidakmampuan keduanya memahami taktik sepak bola dengan baik.

Tak bisa dipungkiri semenjak kehadiran Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih interim, Manchester United berhasil kembali pada performa terbaik mereka. Sebut saja Pogba cs kembali bersaing untuk posisi empat besar Premier League serta menembus perempatfinal Liga Champions.

Tidak hanya itu permainan ofensif khas MU kembali muncul berikut dengan atmosfer positif yang kembali terlihat di Old Trafford. Lantas tak sedikit yang menyamakan kiprah Ole dengan sang legenda Sir Alex Ferguson dari cara melatih hingga kebiasaannya mengunyah permen karet di pinggir lapangan.

Namun persamaan keduanya mendapat penilaian sedikit berbeda dari kacamata Strachan. Ia melihat keduanya bukan pelatih terbaik jika dilihat dari semua sisi seperti manajemen taktik. Namun keduanya berhasil memaksimalkan manajemen personal dan lebih banyak bekerjasama dengan para asisten-asistennya.

“Saya mendengar bahwa Ole [Solskjaer] bukanlah pelatih terbaik di dunia, tetapi Sir Alex dahulu juga bukan pelatih terbaik,” ungkap Strachan kepada Daily Star.

“Dia tahu bagaimana cara melatih, tetapi selama 25 tahun dia tidak terlalu banyak melatih tim secara langsung, dia menyerahkan tugas itu pada orang lain [asisten-asistennya].”

“Dia membawa kehadiran dengan kedisiplinan dan filosofi sepak bola, hal-hal seperti ebih sering mengumpan ke depan dan itulah sepak bola modern saat ini. Itu jauh lebih sederhana daripada yang dikatakan orang-orang,” lanjut dia.

Lebih lanjut Strachan mengatakan jika permainan yang terjadi antara Fergie dan Ole lebih banyak memperbincangkan taktik mengelola pemain ketimbang taktik bermain. Hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Fergie pada awal kedatangannya.

“Kita tahu Ole sudah sudah berbicara dengan Sir Alex, dan itu hal bagus. Dia sepertinya tidak akan bertanya soal taktik, dia akan bertanya tentang bagaimana caranya menjadi manajer MU di dalam dan di luar lapangan.”

“Ketika Sir Alex pertama melatih MU, dia melakukan hal sama dengan yang dilakukan Sir Matt Busby. Tidak ada hal teknis, hanya bagaimana caranya menjadi manajer klub,” tutup Strachan.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here