Musim Pertama Di Barcelona, Performa Frenkie De Jong Menjanjikan

0
47
Musim Pertama Di Barcelona, Performa Frenkie De Jong Menjanjikan

VivagoalLa Liga – Media ternama asal Spanyol, Marca memberi penilaian yang lumayan bagus buat Frenkie De Jong di musim pertamanya bersama Barcelona. Meski kerap dianggap kurang maksimal, namun De Jong sudah sukses menjadi salah satu kunci dalam permainan Blaugrana.

Dengan LaLiga menyisakan dua laga lagi musim ini, Marca pun mencoba memberi penilaian terhadap Frenkie De Jong yang sudah resmi setahun berseragam Blaugrana berdasarkan dari dua pelatih yang sempat menanganinya, yakni Ernesto Valverde dan Quique Setien.

Ernesto Valverde

Di masa kepelatihan mantan pelatih Athletic Bilbao ini, Marca menyebut banyak yang menilai De Jong masih belum tampil sebaik yang diperagakannya semasa membela Ajax Amsterdam. Namun menurut Marca, hal tersebut bukan sepenuhnya kesalahan sang pemain, tapi akibat Valverde yang tak pernah tahu posisi paling pas untuk De Jong.

De Jong di era Valverde memang masih sering dimainkan sebagai starter, namun posisinya kerap bergonta-ganti dengan partner yang berbeda. Berbekal kemampuannya dalam mengatur permainan, membuat umpan dan mengkreasikan peluang, Valverde kala itu beberapa kali memainkan De Jong sebagai gelandang box to box dengan mencadangkan Sergio Busquets.

Tapi di laga lainnya, Valverde pernah memainkan De Jong sebagai gelandang kanan berduet dengan Messi di pos penyerang sayap, termasuk memasangnya di sisi kiri dengan Ivan Rakitic dimainkan pada sisi kanan.


Baca Juga:


Quique Setien

Pada masa kepelatihan Quique Setien, De Jong masih mampu mengunci satu tempat di skuad inti Blaugrana. Tapi berdasarkan catatan Marca, De Jong bukan lagi sosok penting dalam skema sepakbola aktraktif yang diusung Setien, melainkan Sergio Busquets.

Dengan skema permainan menyerang yang diusung Setien, Busquest dinilai lebih bisa menjaga keseimbangan tim. Selain Lionel Messi, pesepakbola 31 tahun itu bahkan belum sekalipun diistirahatkan oleh Setien dalam delapan laga terakhir Barca sejak LaLiga restart pada pertengahan Juni kemarin.

Namun kehebatan De Jong dalam menggalang lini tengah Blaugrana sampai memaksa Arthur Melo hengkang ke Juventus. Secara keseluruhan, Marca menilai proses adaptasi De Jong di Barcelona sudah berjalan lancar, termasuk menyuguhkan performa yang lumayan meyakinkan setidaknya dalam beberapa bulan terakhir dibawah asuhan Setien.

Dalam Angka-Angka

Pada musim 2019/2020, berdasarkan catatan Marca, De Jong sudah memainkan 38 pertandingan di semua kompetisi, dengan 34 diantaranya sebagai starter. Dari jumlah sebanyak itu, De Jong sudah menempuh 2.997 menit di lapangan dengan menorehkan 1.438 operan, hanya kalah dari Sergio Busquets yang membukukan 2.232 operan.

Dari aspek serangan, De Jong juga bisa membuat 85,9% umpan sukses per laga dengan akurasi umpan mencapai 91.1%. De Jong juga memiliki rasio memenangkan duel udara sebanyak 1.5 kali per game, dan melepaskan 0.8 shot per pertandingan dengan rating 8.32.

Berdasarkan semua catatan ini, bagaimanapun De Jong yang masih terikat kontrak selama 4 tahun di Camp Nou, terlalu dini untuk menilainya buruk di musim debutnya bersama Barcelona.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here