Obrolan Vigo: John Terry, di Antara Loyalitas dan Perselingkuhan - Vivagoal.com
Obrolan Vigo: John Terry, di Antara Loyalitas dan Perselingkuhan

Obrolan Vigo: John Terry, di Antara Loyalitas dan Perselingkuhan

Heri Susanto - December 7, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – John Terry merupakan sosok yang lumayan tangguh kala bermain. Ia juga punya loyalitas yang tinggi bagi timnya, Chelsea. Namun, kala berada di luar lapakan, loyalitasnya kepada keluarga justru dipertanyakan.

John George Terry, yang lahir pada 7 Desember 1980 merupakan jebolan dari akademi Chelsea. Pria asli London ini sudah membela Chelsea mulai dari 1998 lalu. Ia sempat dipinjamkan ke Notthingham Forrest pada tahun 2000 guna menambah jam terbang. Seltehnya, ia mulai mengunci satu tempat di tim utama dalam periode gelap dan terang Chelsea.

Terry kemudian diangkat sebagai kapten tim pasca kepergian Marcel Dessailly ke Timur Tengah pada 2004-05 lalu. Ia langsung hantarkan tim mendulang gelar juara di tahun yang sama sekaligus membuka keran juara Premier League klub yang sudah tertahan lebih dari 50 tahun silam.

Setelahnya, keran kesuksesan Chelsea mulai terbuka. Nama klub diperhitungkan menjadi tim yang mengobrak-abrik big four pasca kedatangan Roman Abramovic dan segudang uang yang ia miliki guna membangun the Blues. Di era Roman Emperor, berbagai nama keluar masuk Cobham. Namun Terry tetap bertahan di sana demi menggalang lini pertahanan tim.

Ada sebuah momen buruk yang mungkin tak akan terlupakan bagi dirinya. Ia sempat terpeleset kala tos-tosan dengan United di final Liga Champions 2008 silam. Insiden tersebut membuat Chelsea harus mengubur mimpi menjadi juara Eropa dan Terry pun menjadi kambing hitam atas kegagalan tersebut.


Baca Juga:


Gelar yang lama ditunggu tersebut pun pada akhirnya datang. Ia tak mentas di final Liga Champions 2011/12 kala the Blues mengandaskan Bayern Munich lantaran terkena suspense kartu. Dalam laga tersebut, Chelsea dan Bayern sempat bermain imbang 1-1 dan mereka memenangkan penalti dengan skor 4-3.

Terry bermain untuk Chelsea dalam rentang 1998 hingga 2017 silam. 19 tahun sudah ia bermian bersama the Blues dan hantarkan klub meraih berbagai gelar prestis macam 5 juara Liga, lima Piala FA, satu Liga Champions, Tiga iala Liga dan berbagai gelar lain. Total, ia memainkan 713 laga dan mengepak 67 gol serta 29 assist. Sebagai bek tengah, jumlah golnya bagi klub terbilang lumayan banyak.