Pochettino Kritik Penggunaan VAR di Liga Champions

0
145
Pochettino Kritik Penggunaan VAR di Liga Champions

Vivagoal Liga Champions – Bos Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino mengatakan jika penerapan VAR di Liga Champions gagal membantu kinerja wasit dan mengganggu jalannya pertandingan.

Pada leg pertama babak delapan besar Liga Champions yang mempertemukan Tottenham Hotspur kontra Manchester City, Spurs hampir tertinggal di awal pertandingan. Hal ini setelah Danny Rose divonis bersalah usai dinilai menahan laju bola hasil tendangan Raheem Sterling dengan tangannya.

Wasit pemimpin pertandingan, Bjorn Kuipers sendiri terlebih dahulu melakukan review melalui VAR sebelum akhirnya memutuskan hadiah penalti bagi City dan menghadiahi Rose dengan kartu kuning. Beruntung bagi tuan rumah Hugo Lloris masih mampu menepis tendangan yang dilakukan oleh Sergio Aguero. Mereka bahkan berhasil keluar sebagai pemenang melalui gol tunggal Son Heung-Min di babak kedua.

 

Kontroversi terkait penggunaan VAR berlanjut hingga laga berakhir. Tak sedikit pihak yang mengatakan jika keputusan wasit Bjorn Kuipers tidaklah tepat di mana Rose tampak tidak sengaja menahan bola [aktif].

Pochettino bahkan menyebut jika tekonologi rekaman ulang tersebut menjadi biang masalah terutama di Liga Champions. Penerapannya dirasa bukan menjadi solusi untuk menuntaskan berbagai masalah terkait keputusan tak kasat mata di lapangan.

“Saya kira hari ini menjadi bukti bahwa VAR memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di antara kami, wasit, fans dan para pemain,” tutur Pochettino kepada beIN SPORTS usai pertandingan.

“Ini sebuah situasi di mana kami harus memeriksa protokol pertandingan agar masalah menjadi jelas. Hari ini adalah contoh nyata bahwa alih-alih membantu, ini [VAR] malah menciptakan banyak masalah.”

“Anda tidak bisa menerima sebuah keputusan yang datang dari wasit dan itu adalah keputusan yang salah. Sebuah keputusan seperti ini memang akan sulit. Saya ingin membantu VAR tapi saya kira kami perlu bekerja keras untuk mengembangkannya dan membantu wasit membuat keputusan yang lebih baik,” jelas pelatih asal Argentina tersebut.

Atas kemenangan tersebut, Spurs memiliki modal berharga jelang leg kedua yang akan digelar pada Kamis pekan depan. Hasil imbang atau kalah dengan defisit satu gol sudah pasti akan membuat Spurs melaju ke babak empat besar.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here