Putra Mahkota Arab Ingin Beli Salah Satu Klub Liga Premier Inggris

0
121
Mohammed bin Salman

Vivagoal Liga Inggris – Pemilik Newcastle, Mike Ashley, memberi diskon dan jalan mulus kepada Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman guna mengakuisisi klub.

Mike Ashley sendiri harus membayar 134 juta pounds untuk bisa menguasai saham Newcastle United pada 2017 dari pemilik sebelumnya yakni Freddy Shepherd dan Sir John Hall. Setelah pasang surut penampilan klub, Mike Ashley kini berencana menjual sahamnya.

Mohammed bin Salman diketahui sangat ingin membeli klub sepak bola di Inggris. Ia sebelumnya sempat menawar Manchester United pada Oktober 2018 lalu, tetapi ditolak Keluarga Glazer sebagai pemilik.

Kini kesempatan itu muncul untuk memiliki Newcastle, meski tidak secara langsung. Dukungan dari Mohammed bin Salman dan Arab Saudi hadir lewat perusahaan Saudi Arabia Public Investment. Nantinya Saudi Arabia Public Investment akan berada di belakang Amanda Staveley yang memimpin konsorsium perusahaan yang akan membeli Newcastle.


Baca Juga:


Untuk mempermudah proses akuisisi, Mike Ashley rela memotong harga jual Newcastle. Semula, klub hanya akan dijual dengan harga 340 juta pounds, tetapi kini menjadi 300 juta pounds saja.

Selain itu, Mike Ashley juga siap memberi pinjaman dana pada Amanda Staveley untuk menyelesaikan transaksi. Nantinya pinjaman tersebut bisa digunakan untuk membeli 10 persen saham Newcastle.

Proses pergantian pemilik itu sendiri sudah dilaporkan ke pihak Premier League dan kini tengah dalam proses pengawasan.

Amanda Staveley sendiri bukan sosok asing di sepak bola Inggris. Perempuan 47 tahun itu yang membantu Sheikh Mansour dari Abu Dhabi membeli Manchester City.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here