Sanksi Komdis PSSI Untuk Persib: Terusir Dari Jawa Hingga Akhir Musim

0
225
Berita Bola - Sanksi Komdis PSSI Untuk Persib- Terusir Dari Jawa Hingga Akhir Musim

VivagoalLiga Indonesia – Komdis PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi buat Persib Bandung setelah tim investigasi menyelesaikan penyelidikan terkait insiden meninggalnya Haringga Sirila, salah seorang suporter Persija Jakarta.

Tim Maung Bandung dilarang bermain di Pulau Jawa sampai akhir musim ini. Dan Bobotoh juga ikut dilarang menghadiri laga home dan away Persib.

Sebelumnya, PSSI telah membentuk sebuah tim investigasi untuk mengumpulkan fakta terkait tewasnya salah seorang suporter di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), sesaat sebelum laga Persib dengan Persija dimulai.

Dalam prosesnya, tim investigasi bentukan PSSI memperoleh fakta bahwa suporter Persib ternyata sempat melakukan intimidasi kepada ofisial Persija saat melakukan MCM (pertemuan teknis). Selain itu, bobotoh juga melakukan sweeping kepada suporter Persija, yang berakhir pada pengeroyokan dan pemukulan terhadap Haringga Sirila hingga tewas sebelum laga berlangsung.

Tak hanya itu, Komdis PSSI juga menganggap Panpel pertandingan gagal memberi rasa aman buat para pendukung tim Macan Kemayoran yang datang menonton.

Dari hasil penyelidikan tim investigasi itulah, Komdis PSSI akhirnya memutuskan menghukum Persib dengan sanksi laga home diadakan di luar Pulau Jawa, tanpa dihadiri penonton sampai akhir musim Liga 1 2018. Ditambah laga home di Bandung tetap tanpa penonton hingga paruh musim kompetisi 2019 mendatang.

Baca Juga :  Dipanggil Timnas, Jadon Sancho Dapat Ucapan Selamat Dari Southgate

Khusus untuk para pendukung Persib, Komdis juga menjatuhkan sanksi berupa larangan menonton pertandingan Persib saat home maupun away termasuk laga lainnya di kompetisi Liga 1 sejak ditetapkannya keputusan ini hingga paruh musim kompetisi 2019 nanti.

Untuk Panpel Pertandingan dan security officer di laga Persib kontra Persija, Komdis menjatuhkan sanksi berupa larangan ikut serta dalam berbagai bentuk kepanitiaan saat Persib menggelar pertandingan dalam kurun waktu dua tahun.

Selain itu, Komdis juga memberi denda sebesar Rp 100 juta kepada Panpel Persib dan diwajibkan untuk melarang rasisme dan memberantas tulisan provokasi maupun slogan yang menghina baik dalam bentuk spanduk, poster, baju maupun atribut lainnya dengan cara apapun.

Terakhir, Komdis menjatuhkan sanksi tuk seluruh tersangka pengeroyokan korban Haringga Sirla, berupa larangan menonton pertandingan sepakbola yang digelar di seluruh wilayah Republik Indonesia selama seumur hidup.

“Dengan ditetapkannya sanksi dari Komdis ini, sekaligus mengakomodasi segala bentuk permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI dengan resmi mencabut status penghentian sementara Liga 1 2018. PSSI juga meminta kepada PT. Liga Indonesia Baru tuk bisa kembali menggulirkan Liga 1 2018 terhitung sejak tanggal 5 Oktober 2018,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Selalu update berita bola terkini seputar Liga 1 Indonesia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here