Selain Martin Braithwaite, Dua Pemain Ini Juga Jadi Pembelian Teraneh Barcelona

0
517
Selain Martin Braithwaite, Dua Pemain Ini Juga Jadi Pembelian Teraneh Barcelona

VivagoalLa Liga – Barcelona merupakan salah satu klub tersukses di dunia. Dengan reputasi yang mentereng, Barcelona seharusnya bisa dengan mudah mendapatkan pemain yang berkualitas. Namun, nyatanya tidak seperti itu.

Raksasa LaLiga Spanyol tersebut dalam beberapa kesempatan melakukan manuver transfer yang mengundang pertanyaan berbagai pihak. Teranyar, adalah saat mereka mendatangkan Martin Braithwaite dari Leganes, Kamis (20/2/2020) sore WIB.

Baca juga: Main Bareng Lionel Messi, Braithwaite: Impian Saya Dari Kecil

Barcelona memboyong Martin Braithwaite karena mengalami krisis pemain depan usai Ousmane Dembele dan Luis Suarez dipastikan absen hingga akhir musim ini. Meskipun butuh tambahan tenaga baru di lini serang, namun perekrutan Braithwaite mengundang pertanyaan banyak orang.

Jika merujuk pada statistik yang tercatat di Situs Transfermarkt, bisa dibilang Martin Braithwaite bukan pemain yang memiliki naluri menyerang cukup istimewa, apalagi jika diproyeksikan untuk menggantikan pemain sekelas Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Tapi, ini bukan kali pertama Barca melakukan pembelian yang aneh. Tim Catalan tercatat sudah melakukannya berulang kali sejak era millenial alias mulai tahun 2000-an. Yang pertama adalah, Alexander Hleb.

Pada era tahun 2000-an, Barcelona begitu getol mendatangkan pemain dari Arsenal, seperti Marc Overmars, Thierry Henry dan Emmanuel Petit. Tapi pada musim panas 2008, Barcelona secara mengejutkan memboyong Alexander Hleb yang notabene tak berlabel bintang.

Baca juga: Messi Ungkap Mantan Rekannya Menyesal Tinggalkan Barcelona

Meskipun Hleb cukup sering diturunkan selama tiga musim di Arsenal, namun alasan Barcelona merekrutnya mengundang tanya. Pasalnya, dia bukan pemain kunci di Arsenal seperti Robin Van Persie, Emmanuel Adebayor, Tomas Rosicky dan Cesc Fabregas.

Hasilnya, Hleb hanya bisa membukukan 19 penampilan pada musim 2008/2009. Setelah itu ia lebih banyak dipinjamkan, mulai dari Stuttgart, Birmingham, dan Wolfsburg sebelum akhirnya dipermanenkan klub asal Rusia, Krylia Sovetov Samara.

Berikutnya ada Keirrison. Berbeda dengan Hleb yang sempat dimainkan beberapa kali, penyerang asal Brasil ini tak sekalipun merasakan berseragam Blaugrana dan bisa dikatakan sebagai pembelian teraneh dalam sejarah transfer Barcelona.

Bagaimana tidak, Keirrison hanya bermain di klub kecil di Brasil, Coritiba saat didatangkan ke Camp Nou. Meski mampu melesakkan 33 gol di klub lamanya, namun Kerrison dianggap belum siap tuk bermain di klub sebesar Barcelona.

Baca juga: Perebutan Sengit Posisi Gelandang Bertahan di Real Madrid

Pada musim panas 2009, Barcelona meresmikan pembelian Keirrison. Namun karena minim pengalaman bermain di Eropa, Barca lebih dulu meminjamkannya ke Benfica. Sayang, di raksasa Portugal itu Keirrison hanya bisa mencatatkan 7 penampilan tanpa ada gol. Barca lalu meminjamkannya ke Fiorentina yang lagi-lagi berjalan buruk.

Selama lima tahun berstatus pemain Barca, Keirrison tak sekalipun tampil untuk Blaugrana karena lebih banyak dipinjamkan sebelum akhirnya pulang kampung pada tahun 2014 silam.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here