Setien Prioritaskan Beli Pemain Bintang Ketimbang Rekrut Akademi La Masia

0
242
Setien Prioritaskan Beli Pemain Bintang Ketimbang Rekrut Akademi La Masia

Vivagoal La Liga – Dalam beberapa musim terakhir, Barcelona sangat jarang mengorbitkan pemain dari akademi La Masia. Menurut Quique Setien, hal itu bisa jadi karena kualitas pemain yang dihasilkan La Masia kini tidak sesuai dengan tuntutan tinggi yang diberikan klub.

Akademi La Masia sempat dinilai sebagai akademi sepakbola paling yahud di dunia. Akan tetapi, reputasi tersebut pelan-pelan memudar seiring jarangnya jebolan akademi La Masia yang bisa jadi penggawa utama di skuat senior Blaugrana.

Sejauh ini, belum ada nama-nama pemain dari La Masia yang bisa bersinar sejak era Andres Iniesta, Victor Valdes, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Thiago Alcantara, hingga Lionel Messi. Dalam dua musim terakhir, tersisa Lionel Messi, Busquets dan Sergi Roberto, jebolan akademi La Masia yang masih mampu tampil reguler di skuat inti tim Catalan.

Memang ada Gerard Pique dan Jordi Alba, tapi keduanya lebih dulu berkarier di klub lain, sebelum akhirnya dipanggil pulang ke Barcelona. Sementara, sisanya seperti Rafinha, Carles Perez, Moussa Wague, mereka gagal bahkan memilih bermain di klub lain. Pada musim ini, hanya Ansu Fati yang sempat menjadi buah bibir kala debut di tim utama.

Saat diwawancara oleh TV3, Setien mengungkapkan pemain La Masia yang kerap dipromosikan ke tim senior selalu tergusur karena mereka rata-rata kekurangan kualitas yang dibutuhkan oleh Barcelona.

Alhasil, merekrut pemain bintang, berpengalaman dan bertalenta besar dari klub lain jadi opsi utama Blaugrana dalam beberapa musim terakhir. Hal itu bisa dilihat dari kebijakan transfer mereka dalam tiga musim terakhir dengan mendatangkan Ousmane Dembele, Frenkie De Jong, Arthur Melo, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho.

“Apa yang fans Barcelona inginkan, memajukan akademi atau terus maju meraih banyak trofi?” kata Setien seperti dilansir dari Marca.


Baca Juga:



“Sata tak mengatakan bahwa kami tak melakukan apapun dengan pemain akademi, tapi saat melihat pemain-pemain di sana, tidak sesuai dengan yang tim butuhkan, mereka perlu peningkatan dan menjadi lebih kompetitif.” Setien menambahkan.

“Oleh karenanya, yang bisa kami lakukan sekarang adalah meminta mereka berkembang biar bisa menembus tim utama.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here