Soal ESL, Arsenal Minta Maaf Kepada Para Fans Via Surat Terbuka - Vivagoal.com
Soal ESL, Arsenal Minta Maaf Kepada Para Fans Via Surat Terbuka
Fans Arsenal Protes European Super League, Foto: The Sun

Soal ESL, Arsenal Minta Maaf Kepada Para Fans Via Surat Terbuka

A Hendra - April 21, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris –  Arsenal mengakui keikutsertaan klub di pentas European Super League merupakan sebuah keputusan yang salah, yang membuat The Gunners menuliskan surat terbuka yang berisikan permintaan maaf kepada para fansnya.

Setelah berbagai kontroversi yang berlangsung dalam beberapa hari terkakhir, klub-klub Inggris sepertinya mulai goyah dengan gagasan soal European Super League. Mereka kini secara kompak melontarkan pernyataan soal menarik diri dari proyek ESL.

Arsenal menjadi salah satu dari enam tim asal Inggris yang ikut sebagai penggagas selain Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool dan Chelsea. Keberadaan European Super League sendiri pada akhirnya mengundang pro dan kontra.

Gelombang penolakan pun datang dari berbagai pihak, khususnya dari para pendukung masing-masing tim. Arsenal pun menuliskan surat terbuka yang berisi permintaan maaf kepada suporter soal keterlibatan mereka dalam proyek ESL.

“Beberapa hari belakangan lagi-lagi telah menunjukkan dalamnya perasaan yang dimiliki suporter kami di seluruh dunia terhadap klub hebat ini dan permainan yang kita cintai. Kami tak perlu diingatkan soal ini. Tapi respons dari suporter dalam beberapa hari terakhir sudah memberi waktu untuk merenung dan berpikir dalam-dalam,” isi pernyataan Arsenal di situs resminya.

“Kami tak pernah berniat menyebabkan kesulitan seperti ini. Namun, ketika undangan untuk gabung Super League datang, sementara tahu tidak ada jaminan, kami tidak mau ketinggalan untuk memastikan kami melindungi Arsenal dan masa depannya.”


Baca Juga:


“Hasil dari mendengarkan kalian dan komunitas sepakbola yang lebih luas selama beberapa hari terakhir, kami mundur dari Super League yang tengah diusulkan. Kami membuat kesalahan dan kami minta maaf.”

The Gunners pun sadar jika mereka perlu waktu untuk bisa memulihkan kepercayaan para pendukung dan mengakui telah melakukan keputusan salah. Menurutnya hal itu terjadi serta merta untuk melindungi masa depan sepakbola yang dianggap perlu banyak perbaikan.

“Kami tahu akan butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan kalian pada apa yang sedang kami coba raih di sini di Arsenal, tapi biar kami jelaskan bahwa keputusan untuk jadi bagian dari Super League didorong oleh keinginan untuk melindungi Arsenal, klub yang kalian cintai, dan untuk mendukung permainan yang kalian cintai lewat solidaritas yang lebih besar dan stabilitas finansial,” lanjut pernyataan Arsenal.

“Stabilitas penting agar permainan ini berhasil dan kami akan terus berjuang untuk membawa perlindungan yang dibutuhkan permainan ini untuk maju. Sistem perlu diperbaiki. Kita harus bekerja bersama untuk menemukan solusi yang melindungi masa depan permainan ini. Memanfaatkan kekuatan luar biasa yang dimiliki sepakbola untuk membuat kita tertarik.

“Kami tahu ini sangat meresahkan di akhir dari tahun yang sudah sangat sulit bagi kita semua. Tujuan kami adalah selalu membuat keputusan tepat, melindungi untuk masa depan, dan membawa kita maju. Di sini kami memang tidak membuat keputusan yang tepat, kami terima itu.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com