Sven-Goran Eriksson Menilai Campbell & Cole Memiliki Peluang Jadi Pelatih Top - Vivagoal.com
Sven-Goran Eriksson Menilai Campbell & Cole Memiliki Peluang Jadi Pelatih Top
Sol Campbell Sedang Memberikan Instruksi ke Pemain Southend United (Sumber: the guardian)

Sven-Goran Eriksson Menilai Campbell & Cole Memiliki Peluang Jadi Pelatih Top

Fido Moniaga - June 12, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Mantan pelatih timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson, mengaku ingin melihat pelatih pelatih kulit hitam yang menangani sebuah klub di masa mendatang.

Isu rasial di masyarakat berhembus kencang setelah kematian warga Amerika Serikat berkulit hitam, George Floyd. Fokus pun merembet pada fakta minimnya pelatih berkulit hitam di dunia sepakbola.

Selaku pelatih senior, Erikson tak menampik fakta tersebut meski ada beberapa pelatih berkulit hitam yang cukup sukses saat ini. Namun ia berharap jumlah mereka akan bertambah di kemudian hari.

“Sayangnya, saya harus mengatakan tidak banyak manajer kulit hitam di seluruh dunia dan jika Anda bertanya mengapa, saya tidak tahu alasannya. Hanya saja itu adalah kenyataannya,” ucap Eriksson kepada Stats Perform News dilansir dari Goal.

“Anda memiliki [Clarence] Seedorf, yang cukup sukses di sana-sini, jadi masih ada [beberapa]. Saya pikir Anda memiliki banyak pelatih [kulit hitam] asal Amerika Selatan, tetapi mungkin itu harus lebih banyak lagi.”

Belum lama ini, bintang Manchester City, Raheem Sterling, mengkritik posisi utama di jajaran manajerial klub-klub Liga Primer Inggris terlalu didominasi oleh orang-orang kulit putih, termasuk manajer dan jabatan penting di manajemen.

Ia membandingkan nasib empat pelatih yang sama-sama berasal dari Inggris. Steven Gerrard dan Frank Lampard bernasib baik dengan masing-masing melatih Rangers dan Chelsea.



Baca Juga:



Sedang Sol Campbell hanya melatih klub kasta bawah, Southend United setelah sebelumnya melatih Macclesfield Town. Sedang Ashley Cole saat ini melatih akademi Chelsea.

Erikson sendiri melihat jika Campbell dan Cole memiliki potensi untuk berkembang menjadi pelatih top suatu saat nanti.

“Campbell dan Cole adalah dua pemuda yang sangat pintar, pemain-pemain yang pernah saya latih. Pemain yang sangat bagus, dan tentu saja dengan pengetahuan tentang sepakbola yang tidak ada duanya,” tegas Erikson.

“Mereka mengetahui sepakbola dengan baik dan mereka jua orang-orang yang baik. Ketika mereka berbicara, Anda akan mendengarkan dengan serius. Jadi saya tidak bisa melihat alasan mengapa mereka tidak bisa menjadi manajer yang bagus juga [seperti Lampard dan Gerrard],” tambahnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com