Obrolan Vigo: Tembok Pertahanan Asal Tengah dan Selatan Italia

0
1974
Nesta dan Cannavaro

Vivagoal Serie ASepakbola Italia terkenal dengan pertahanan yang rapat dan sulit ditembus. Berbeda dengan “parkir bus”, seni bertahan yang dimainkan oleh sepak bola Italia tidak hanya sekedar menumpuk banyak pemain di zona pertahanan.

Berbeda dengan Inggris yang mengandalkan kick ‘n’ rush, atau Brazil yang mengusung jogo bonito. Sepak bola Italia terkadang memberikan kesan lambat bahkan cenderung membosankan bagi banyak orang.

Pelatih Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan kekagumannya pada permainan bertahan Italia. Menurutnya pola permainan bertahan Gli Azzuri  memainkan pola dan taktik bertahan yang lengkap.

“Lini belakang mereka yang terbaik, mulai dari organisasi taktik dan detial penjagaan pemain,” ujar Southgate.

Setiap generasi, Italia hampir pasti memiliki sosok pemain bertahan yang disegani lawan. Mulai dari Giacinto Facchetti, Claudio Gentile, Franco Baresi, Paolo Maldini, Alessandro Nesta, Fabio Cannavaro, hingga Giorgio Chiellini.

Alessandro Nesta dan Fabio Cannavaro merupakan salah satu duet bek Italia terbaik dalam medio 90an hingga 2000an. Keduanya tak pernah sekalipun berada dalam satu klub yang sama.

Tetapi ketika membela tim nasional Italia, keduanya dapat bahu-membahu dan saling melengkapi dalam menjaga pertahanan. Lantas apa yang membuat mereka menjadi pasangan bek terbaik Italia?

Baca Juga :  Frustasi, Vidal Kembali Luapkan Kemarahan Di Sosial Media

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here