Temui FIFA, Erick Thohir Ungkap Agenda yang Dibahas - Vivagoal.com
Vivagoal.com/Amirul Mukmin

Temui FIFA, Erick Thohir Ungkap Agenda yang Dibahas

Taufik Hidayat - March 28, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir akan bertemu dengan FIFA untuk menyelesaikan polemik tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Nasib sepak bola akan ditentukan dari agenda ini.

Seperti diketahui, status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 terancam dicabut. Batalnya agenda pengundian fase grup yang harusnya berlangsung 31 Maret mendatang menjadi sinyal kuatnya.

Batalnya agenda pengundian tentu ada hubungannya dengan penolakan sejumlah pihak di tanah air terkait partisipasi Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 2023. Sikap tersebut juga diproklamirkan oleh gubernur Bali dan Jawa Tengah yang wilayahnya turut menggelar turnamen ini.


Baca Juga:


Isu liar kemudian mencuat terkait sikap FIFA yang sibuk mencari calon tuan rumah pengganti. Indonesia juga terancam sanksi berat seperti denda dalam jumlah besar hingga dibekukan.

Demi menyelesaikan polemik ini, Erick Thohir akan bertolak ke Doha, Qatar, Rabu (29/3) dini hari WIB. Di sana, ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Erick Thohir: Stadion Milik Persebaya adalah Salah Satu yang Terbaik di Indonesia
Sumber: LOC FIFA U-20 World Cup 2023

“Saya sudah mendapat instruksi dan perintah dari pak presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi mencari solusi sepakbola Indonesia. Ini tidak mudah dan tentu saya akan berusaha semaksimal mungkin,” kata Erick Thohir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3).

Menariknya, Erick Thohir tidak akan langsung melobi FIFA untuk membuat Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ia justru ingin mengetahui risiko yang akan ditanggung andai hak tersebut benar-benar dicabut.

“Karena ini eventnya FIFA jadi tentu kita harus mengedepankan pandangan FIFA terlebih dahulu dan seperti apa konsekuensinya. Di situlah baru kita mulai berdiskusi mencari ruang bagaimana penyelesaian terbaik,” tambahnya.

“Kita lihat nanti besok, pertemuannya siang jam 1 sampai jam 5.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com