Terkait Rasisme, Para Pemain Premier League Rencanakan Boikot Besar-besaran - Vivagoal.com
Terkait Rasisme, Para Pemain Premier League Rencanakan Boikot Besar-besaran

Terkait Rasisme, Para Pemain Premier League Rencanakan Boikot Besar-besaran

Fachrizal Wicaksono - April 19, 2019
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Para pemain profesional di Inggris dan Wales menyatakan siap melakukan boikot besar-besaran di media sosial sebagai bentuk dari perlawanan mereka atas merebaknya kasus rasial belakangan ini.

Aksi itu sendiri diprakarsai oleh Professional Footballers’ Association (PFA) alias Asosiasi Pemain Profesional. Dalam aksinya tersebut diminta para pemain untuk sama sekali tidak menggunakan media sosial mereka selama satu hari. Aksi itu dimulai dari pukul 09.00 pagi pada hari Jumat (19/04) hingga 09.00 keesokan harinya pada hari Sabtu (20/04) waktu setempat.

Sebelum memulai aksi boikot tersebut, para pemain diminta mengunggah gambar grafis bertuliskan #enough.

 

PFA sendiri menyebut jika kampanye ini merupakan respons awal terhadap sejumlah insiden rasis yang ditujukan kepada para pemain dalam beberapa bulan terakhir baik di dalam maupun luar lapangan khususnya di Britania. Mereka berharap langkah yang mereka lakukan akan memberi tekanan pada pihak berwenang dan jaringan media sosial untuk mengatasi masalah ini dengan lebih baik.

“Boikot adalah langkah pertama kami dalam kampanye yang lebih panjang untuk mengatasi rasisme dalam sepakbola.”

“Ini bertindak sebagai bentuk persatuan dari para pemain, dan seruan untuk tindakan yang lebih besar dilakukan oleh jejaring sosial dan otoritas sepakbola dalam menanggapi pelecehan rasis baik di dalam maupun di luar lapangan.”

Salah satu aksi rasial yang diterima oleh pemain Inggris dialami oleh dan Danny Rose saat ia membela timnas Inggris pada kualifikasi Piala Eropa 2020. Bahkan ia mengaku ingin segera pensiun dari sepak bola karena kerap merasakan aksi tidak terpuji tersebut.

“Ketika saya mengatakan bahwa saya tidak sabar untuk pensiun, itu karena rasisme yang saya dapatkan, dan banyak pemain lain, telah alami di seluruh karir kami. Sepakbola memiliki masalah dengan rasisme,” ketus Rose kala itu.

Rasisme di Eropa kini tidak hanya mengacu pada warna kulit para pemain saja. Banyak dari mereka yang mendapatkan intimidasi dalam berbagai macam hal termasuk agama seperti yang juga dialami oleh Mohamed Salah.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com