UEFA Akui Aturan FFP Masih Miliki Kelemahan

0
268
Presiden UEFA Mengakui FPP Masih Punya Kelemahan

Vivagoal – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin tidak menyangkal jika peraturan terkait Financial Fair Play (FFP) yang dibuat oleh UEFA masih memiliki beberapa kelemahan.

Tiga media ternama Eropa Der Spiegel dan Mediapart bersama dengan Football Leaks dengan kompak melayangkan tudingan pelanggaran FFP yang dilakukan oleh dua klub raksasa yakni Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Dalam laporannya mereka menyebutkan jika masing-masing pemilik klub tersebut dengan sengaja memasukkan uang kepada sponsor-sponsor mereka sebagai media untuk menyuntikkan dana segar kepada klub. Tuduhan itu juga disertai dengan berbagai bukti termasuk email antara pemilik dan juga pihak sponsor.

Baca Juga :  PSG Tutup Kans Neymar Menjadi Kapten Di Masa Mendatang, Kenapa?

Hal senada juga sempat diutarakan oleh presiden La Liga, Javier Tebas. Ia meminta kepada pihak UEFA untuk melakukan penyelidikan ketat kepada kedua klub di atas terkait tudingan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Caferin sendiri mengaku enggan bicara terlalu banyak. Ia hanya mengatakan jika FFP memang masih memiliki kelemahan dan pihaknya akan terus melakukan pengembangan.

“Saya tidak ingin hanya membahas tentang Manchester City atau PSG, tapi juga semua klub bahwa aturan harus dibuat kuat dan jelas. Yang jelas kami bertindak sesuai aturan dan regulasi yang ada,” buka Ceferin kepad BBC Sport.

“[Tuduhan] Itu adalah penyebab perdebatan. Terlalu dini untuk mengatakan hal tersebut berpotensi hukuman, namun kami tahu bahwa aturan yang ada mungkin punya titik lemah pada poin tertentu. Terlebih peraturan di beberapa negara kerap berubah dan beradaptasi dengan era modern.”

Baca Juga :  Dengan Ronaldo, Juventus Diklaim Lebih Baik Ketimbang Barcelona

Lebih lanjut ia menegaskan jika UEFA akan terus memperbaharui dan memperkuat semua peraturan yang ada terutama berkaitan dengan pergerakan uang yang ada bersama klub-klub saat ini.

“Kami akan melakukan modernisasi, melihat ulang aturan dan regulasi yang ada setiap saat terkait situasi pasar sepakbola yang selalu berubah.”

“Itu akan menjadi poin utama kami tentang masa depan. Apakah kami harus melakukan sesuatu agar aturan menjadi lebih tegas? Ya, tentu saja.”

Terkait tuduhan itu sendiri kedua klub telah menyatakan penolakannya. City merasa reputasi klub tengah terancaman, sementara PSG menekankan mereka selalu mematuhi aturan yang ditetapkan UEFA.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here