Usung Total Football, Koeman Akan Bikin Barcelona Kental Aroma Belanda

0
4726
Ronald Koeman, pelatih baru Barcelona
Ronald Koeman, pelatih baru Barcelona (Sumber: Instagram Koeman)

Vivagoal La Liga – Ronald Koeman sudah resmi jadi pelatih anyar Barcelona. Juru taktik berusia 57 tahun itu dikabarkan akan menguatkan aroma Belanda di Barca dengan membidik Georginio Wijnaldum.

Koeman telah diumumkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Quique Setien pada Rabu (19/8/2020) sore WIB. Mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut langsung dibebankan tugas berat untuk mengembalikan lagi kejayaan tim Catalan yang gagal total musim 2019/2020 kemarin.

Di level domestik, Barca gagal bersaing dengan Real Madrid di ajang La Liga, disingkirkan Athletic Bilbao pada ajang Copa Del Rey dan didepak Valencia di semifinal Supercopa de Espana Januari lalu. Sementara di kompetisi Eropa, Barca harus tersingkir dengan cara sangat memalukan, yakni dibantai 8-2 oleh Bayern Munchen di perempat final.

Pada konferensi pers pertamanya sebagai juru taktik Barcelona, Koeman langsung menjanjikan Total Football, permainan yang dipopulerkan oleh legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff dan sudah sempat meraih banyak kesuksesan semasa Cruyff melatih Barcelona periode 1988 hingga 1996.

Delapan musim menjadi pelatih di tim Catalan, Johan Cruyff dengan total football-nya mampu mempersembahkan 11 trofi juara, dengan menggelontorkan 812 gol dari 404 pertandingan. Fantastis!

Total Football ini sendiri merupakan embrio dari Tiki Taka yang sukses dikembangkan oleh Pep Guardiola semasa melatih Barcelona periode 2008-2012. Di masanya, Pep bisa melewati capaian Johan Cruyff dengan meraup 14 trofi dan tercatat sebagai pelatih tersukses sepanjang sejarah Barcelona.

Merujuk pada dua kesuksesan pendahulunya inilah, Koeman lantas menargetkan beberapa pemain asal Belanda yang sekiranya dianggap cocok dengan Total Footbal versinya. Selain Donny Van de Beek, Koeman juga membidik gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum.


Baca Juga:


Koeman sudah tidak asing dengan Wijnaldum karena gelandang 29 tahun itu merupakan poros permainannya bersama Frenkie De Jong dan Donny van de Beek semasa membesut timnas Belanda. Menurut laporan De Telegraaf, Koeman sudah membujuk Wijnaldum untuk menolak tawaran kontrak yang disodorkan Liverpool.

Kontrak Wijnaldum di Anfield memang tinggal menyisakan setahun lagi. Dengan demikian, Barcelona bakal bisa merekrutnya dengan harga terjangkau, yakni di kisaran 40 juta euro. Kans Barca tuk mendapatkan servis Wijnaldum pun cukup besar karena sejatinya Liverpool kini dalam posisi terjepit. Jika tak melepasnya di musim panas ini, maka mereka tidak bakal mendapatkan apa-apa musim panas tahun depan.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here