Vietnam Sudah Pakai VAR, Indonesia Kapan?

0
166
Vietnam Sudah Pakai VAR, Indonesia Kapan

Vivagoal – Vietnam sudah mengumumkan akan segera menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada paruh kedua musim 2019 Vietnam League. Yang menarik kemudian, Liga 1 Indonesia kapan bisa mengikutinya?

Presiden Vietnam Professional Football (VPF), Tran Anh Tu telah mengonfirmasi terkait penggunaan VAR di Liga Vietnam. Dan untuk pemakaian VAR, ada dua opsi yang akan diterapkan oleh VPF selaku pengelola liga.

Opsi pertama adalah Vietnam akan membangun pusat VAR di Hanoi karena punya fasilitas dan koneksi yang bagus untuk menerima sinyal di stadion. Namun, opsi ini dinilai memakan biaya besar yang mencapai 644 ribu hingga 688 ribu dolar Amerikan per tahun.

Baca Juga :  Meski Munchen Superior Atas Dusseldorf, Munchen Takan Menang Mudah

 

Berikutnya, Tran Anh Tu mengatakan bahwa penggunaan VAR bisa dengan melengkapi sebuah mobil VAN dengan semua peralatan VAR untuk dibawa ke stadion. Setiap van nya akan menelan biaya sebesar 258 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 3,6 miliar.

“Setidaknya, dalam dua pertandingan liga musim ini, VAR akan coba digunakan selama venue tidak terlalu berjauhan. Dan semua peralatan di dalam stadion harus sudah memenuhi standar FIFA untuk sebuah laga resmi.” ungkap Tran Anh Tu dikutip dari Fox Sports Asia.

Jika Vietnam sudah menggunakan VAR, Indonesia sendiri lantas kapan mau ikut menggunakan VAR. Sebab, pemakaian VAR sudah dirasa sangat perlu untuk mengatasi permasalahan sepakbola Indonesia yang kerap wasitnya salah bikin keputusan.

Parahnya, karena suporter cepat mudah terprovokasi akibat keputusan wasit yang mengecewakan. Dan pada akhirnya berujung pada ribut-ribut antar pemain di lapangan.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here