Walau Terus Dikritik, Premier League Tetap Pakai VAR

0
34
Walau Terus Dikritik, Premier League Tetap Pakai VAR

Vivagoal Liga Inggris – Fakta terkait protes fans atas penggunaan VAR nyatanya tak membuat pihak Premier League mengubah sikap. Mereka akan tetap menggunakan teknologi yang mengandalkan siaran ulang tersebut.

Rasa kekecewaan fans akan penggunaan VAR salah satunya terlihat ketika YouGov melakukan survey terhadap ribuan fans sepak bola di Inggris soal kehadiran VAR dalam ajang Premier League. Hasilnya, sekitar 60 persen responden mengatakan bahwa teknologi tersebut tidak bekerja sesuai dengan harapan. Bahkan mereka juga menilai VAR dengan rating yang rendah, yakni rata-rata nilai 4/10.

Baca juga: Susun Tim Terbaik di MPL Liga Fantasi dan Dapatkan GoPay

Kekecewaan yang muncul tidak lepas dari berbagai keputusan kontroversial yang lahir dari VAR. Belum lagi penggunaan VAR di Premier League jauh berbeda dengan liga-liga lain. Di Inggris, wasit utama tak wajib melihat secara langsung rekaman VAR.

Hanya saja pemimpin penyelenggara Premier League, Richard Masters sudah mengambil keputusan yang bulat. Ia menyebut VAR akan terus digunakan.

“VAR bertahan dan itu sudah pasti masih akan bersama kami pada musim depan,” ujar Masters seperti dikutip dari Metro.

“94 persen keputusan kunci dalam pertandingan sudah tepat untuk saat ini, 97 persen keputusan asisten sudah tepat, jadi VAR punya dampak atas hasil pertandingan, di klasemen, yang di mana itulah yang anda inginkan untuk benar-benar terjadi,” lanjutnya.

Masters juga angkat bicara terkait peraturan-peraturan ketat di Inggris salah satunya offside. Dengan menggunakan VAR, pemain yang hanya lebih satu jari dari lawan bahkan sudah dianggap pelanggaran.

Baca juga: Son Heung-Min Minta Spurs Lakukan Hal Ini

“Sebagai sebuah liga yang kompetitif, kami ingin bekerja dengan sangat keras untuk menyelesaikan masalah-masalah lainnya. Salah satunya adalah offside,” tambahnya.

“Apakah anda menginginkan offside yang presisi hingga ke ketiak ataupun tumit, ataupun anda ingin ada sedikit toleransi. Itu adalah tantangan teknis,” pungkasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here